Tips Terbaik Cara Menjaga Kesehatan Fisik Ibu Hamil

Oleh Riyana Dwi Lestari

Selamat bagi Anda yang sekarang sedang hamil / mengandung. Sebentar lagi Anda akan menjadi seorang ibu. Untuk yang masih berperan sebagai pejuang garis dua agar cepat hamil, tidak ada salahnya mempersiapkan diri dengan banyak membaca referensi artikel kesehatan ibu hamil sebagai upaya untuk mempersiapkan diri. Kesehatan ibu hamil adalah hal utama yang harus Anda dan pasangan perhatikan dari mulai merencanakan kehamilan hingga hamil 9 bulan sampai melahirkan. Kesehatan untuk ibu hamil dan janin terbagi dalam beberapa aspek diantaranya :

Tips Terbaik Cara Menjaga Kesehatan Fisik Ibu Hamil

Kesehatan Fisik Ibu Hamil

Nutrisi dan Vitamin Sebelum Hamil

Ketika Anda merencanakan kehamilan atau sedang melaksanakan program hamil, sangat penting untuk memperhatikan seputar kesehatan ibu hamil terutama bersumber dari makanan. Perhatikan untuk konsumsi makanan-makanan sehat, nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan kelak agar ibu hamil dan janin sama-sama sehat dan berkembang dengan sempurna. Berikut ini beberapa nutrisi dan vitamin untuk mempersiapkan kehamilan :

  • Asam Folat

Konsumsi suplemen asam folat sangat disarankan dikonsumsi oleh para wanita dari mulai sebelum hamil dan selama hamil. Tidak sedikit dokter kandungan yang memberikan suplemen tersebut kepada mereka yang program hamil atau sedang hamil. Asam folat juga bisa Anda dapatkan dari makanan jenis kacang-kacangan, dan buah-buahan.

  • Vitamin Ibu Hamil

Untuk mendapatkan vitamin yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda sebaiknya lakukan pengecekan kesehatan kepada dokter yang bersangkutan. Sehingga Anda bisa mendapatkan vitamin yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh dan calon bayi Anda.

  • Hindari Penggunaan/Konsumsi Merkuri

Selama program hamil, dalam masa kehamilan, hingga menyusui sebaiknya hindari penggunaan produk-produk yang mengandung merkuri. Selain itu juga kurangi konsumsi bahan makanan yang mengandung merkuri seperti contohnya ikan laut.

Nutrisi Selama Hamil

Kesehatan ibu hamil harus diperhatikan sejak hamil muda hingga melahirkan. Sebagai calon ibu, kita harus lebih perhatian terhadap kesehatan kita dan janin yang ada didalamnya. Bukan hanya rajin melakukan cek kesehatan ibu hamil ke dokter atau layanan kesehatan lainnya, kita juga harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dengan memperhatikan nutrisi-nutrisi dibawah ini:

  • Kalsium

Kalsium adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk perkembangan tulang yang sehat serta berfungsi pada berbagai organ di dalam tubuh dimana sejumlah kalsium bersirkulasi didalam darah. Jika kadar kalsium darah turun, tubuh akan mengimbanginya dengan mengeluarkan kalsium dari tulang dan memasukkannya kedalam darah. Kalsium juga dikeluarkan oleh tubuh setiap hari. Selama masa kehamilan, kalsium dibutuhkan untuk kesehatan tulang ibu dan pertumbuhan tulang pada janin. Sumber kalsium yang baik bisa Anda dapatkan dengan konsumsi keju, yogurt, susu, serta makanan-makanan lainnya.

  • Zat Besi

Selama masa kehamilan, tubuh membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah ibu yang meningkat secara bertahap dan pembentukan darah bayi. Selan itu, konsumsi zat besi yang cukup juga dapat mencegah anemia. Beberapa makanan sumber zat besi adalah daging merah, ikan, dan ayam.

  • Asam Folat

Asam folat adalah vitamin B yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin yang sehat, khususnya dalam pembentukan sistem saraf, pmbentukan sel darah merah, serta mengurangi resiko cacat tabung saraf pada janin.

Demikian info kesehatan ibu hamil dan janin yang telah kami bagikan diatas, semoga bermanfaat untuk Anda para calon ibu agar dapat melahirkan bayi dengan sehat dan sempurna. Ingat ya bun, keselamatan dan kesehatan ibu hamil harus selalu diperhatikan agar nutrisi dan vitamin pada ibu hami juga selalu tercukupi.

Label: CaraFisikIbu HamilJaninKesehatanKeselamatanMenjagaNutrisiTips

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Carilah ilmu. Didiklah dirimu. Dan jadilah orang yang berpengetahuan. :)

Baca Juga

  • 8 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

    8 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

    19 Apr, 2019 - 0 KomentarBagi para wanita yang sedang dalam masa kehamilan dan sangat memperhatikan keadaan janin mereka,
  • 5 Cara Agar Cepat Hamil di Usia 25-40 Tahun

    5 Cara Agar Cepat Hamil di Usia 25-40 Tahun

    28 Mar, 2020 - 0 KomentarKehamilan merupakan sebuah anugerah tak terhingga yang sangat membahagiakan. Mendapatkan anak
  • Tips Cara Membuat Cairan Pembersih Tangan (Hand Sanitizer)

    Tips Cara Membuat Cairan Pembersih Tangan (Hand Sanitizer)

    6 Agu, 2020 - 0 KomentarDengan merebaknya virus corona (COVID-19) khususnya di negeri kita Indonesia, masyarakat kompak
  • Tips Cara Mengetahui Kolesterol Normal dan Pengobatannya

    Tips Cara Mengetahui Kolesterol Normal dan Pengobatannya

    6 Mei, 2021 - 0 KomentarKolesterol adalah lemak yang berada dalam membran sel dan disirkulasikan dalam
  • 7 Makanan Sehat yang Baik Untuk Ibu Hamil

    7 Makanan Sehat yang Baik Untuk Ibu Hamil

    9 Agu, 2020 - 0 KomentarSetelah kemarin kita membahas tentang

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.