Tips Mengolah Mie Instan Agar Lebih Sehat Dikonsumsi

Oleh | pada 11 Okt, 2017 | 1 Komentar

Pastilah mayoritas dari kita pernah mengkonsumsi mie instan. Atau bahkan diantara kita ada yang menjadi pencinta, penggemar dari mie instan ini. Mie instan merupakan makanan yang populer dan cocok untuk lidah mayoritas masyarakat luas khususnya di negara kita ini, Indonesia. Banyak faktor yang mampu menjadi daya tarik masyarakat terhadap mie instan ini. Beberapa hal yang menarik dari mie instan tersebut antara lain yaitu karena rasa dari bumbunya yang gurih, tersedia dengan harga yang sangat terjangkau untuk berbagai kalangan masyarakat, banyaknya variasi pilihan rasa, mudah dalam penyajiannya, serta masih banyak hal lainnya yang menjadi pemikat mie instan ini.

Mie Instan

Mie Instan

Disamping adanya ketertarikan kepada mie instan ini, tentunya kita semua telah mengetahui bahwa tidak baik jika kita terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Termasuk juga pendapat para pakar kesehatan yang banyak menyarankan kita untuk jangan mengkonsumsi mie instan secara terus-menerus, bahkan akan lebih baik jika kita tidak mengkonsumsinya sama sekali. Namun, dalam kondisi tertentu kita tentunya ingin menyantap mie instan. Entah itu karena faktor cuaca yang dingin contohnya, atau karena faktor keinginan indera pengecap kita, maupun berbagai faktor lainnya. Untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan karena mie instan, berikut ini akan kami bagikan beberapa tips mudah dan sederhana dalam mengolah mie instan agar lebih sehat untuk dikonsumsi:

1. Olah Mie Instan Dalam 2x Perebusan

Bahan pengawet yang tidak baik bukan hanya terkandung di dalam bumbu mie instan. Akan tetapi, dalam mie itu sendiri juga mengandung bahan pengawet yang berbahaya. Jika Anda perhatikan saat merebus mie, pasti airnya berwarna keruh bukan? Agar bahan pengawet yang menempel pada mie instan berkurang atau bahkan hilang, rebuslah mie dengan 2x perebusan. Jika mie instan tersebut adalah mie kuah, jangan jadikan air bekas rebusan mie sebagai kuah yang Anda santap. Namun rebuslah kuah berasal dari air bersih.

2. Kurangi Porsi Bumbu Mie Instan

Anda pasti telah mengetahui bahwa hal yang paling dikatakan tidak baik dari mie instan adalah bumbunya. Hal ini mengingat bahwa bumbu mie instan didominasi mengandung bahan Monosodium Glutamat atau yang lebih dikenal dengan istilah MSG. Dimana bahan MSG tersebut tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang karena berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, setiap Anda mengkonsumsi mie instan, usahakan untuk mengurangi porsi atau takaran bumbunya.

3. Tambahkan Daging, Sayur, Maupun Telur

Tubuh tentunya membutuhkan asupan daging, telur, dan sayur untuk menyeimbangkan gizi yang ada di dalam tubuh demi kesehatan kita. Menyantap mie instan saja tanpa tambahan sayur, atau telur, atau daging sebagai pelengkap tidak akan dapat memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Untuk itu, inisiatiflah untuk mengkombinasikan mie instan dengan barbagai sayur dan daging yang Anda suka. Atau jika hal tersebut Anda rasa merepotkan, keberatan, atau terlalu mehal, Anda dapat menambahkan mie insan dengan telur yang harganya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan daging. Jadi, mie instan Anda akan lebih sehat pastinya.

4. Jangan Memakannya Mentah-mentah

Pada dasarnya mengkonsumsi mie instan ya sudah seayaknya diolah atau dimasak terlebih dahulu bukan? Jangan mengkonsumsinya tanpa proses memasak terlebih dahulu. Mengkonsumsi mie instan tanpa mengolahnya akan mengganggu pencernaan Anda. Kita tentunya juga harus tau bahwa mie instan dibuat ya pastinya untuk dimakan setelah dimasak terlebih dahulu, bukan untuk dimakannya mentah-mentah.

5. Kurangi Konsumsi Mie Instan Di Malam Hari

Mie termasuk salah satu jenis makanan yang berkalori. Mengkonsumsi makanan yang berkalori akan sangat memberatkan pencernaan di dalam tubuh kita. Dan jika Anda sering mengkonsumsi makanan berkalori di malam hari, hal itu dapat mengakibatkan penguraian zat gizi menjadi tidak sempurna. Termasuk jika sering mengkonsumsi mie instan pada waktu malam hari. Dari segi penampilan juga apabila sering konsumsi mie instan di malam hari dapat mempercepat menaikkan atau menggemukkan berat badan Anda.

Bagaimana cantik? Sudahkah Anda menerapkan pola sehat dalam hidup Anda? Termasuk saat Anda mengolah mie instan ini? Semoga artikel ini bermanfaat. Ingatlah bahwa kesehatan sangatlah penting, serta lebih baik kita mencegah dari berbagai penyakit daripada mengobatinya. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita. Kami membuka kolom komentar di bawah ini sebagai sarana untuk kita agar dapat saling berbagi informasi.

Label: DagingInstanMieMonosodium GlutamatMSGSayurTelur apakah instan kenggemukan badanmakan malam instan apakah sehatkandungan baik instancara mengolahapakah instan masak baikapakah sehat dikonsumsi ketika malambagaimana cara mengolah instan agar formalinnya hilangcara mempercepat pencernaan makanan dalam tubuhcara masak instan sehingga kandungan pengawet berkurangcara mengolah instan agar sehat dikonsumsitambahan sayur instan beserta gbrxmengolah instan agar lebih enakcara memasak instan malam haricara memsak mie instan dimlm haricara agar kandungan stirena dalam mie instan berkurang atau hilang

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Tips Memilih Ikan Segar Yang Baik Untuk Dikonsumsi

    Tips Memilih Ikan Segar Yang Baik Untuk Dikonsumsi

    11 Okt, 2017 - 0 KomentarIkan merupakan lauk yang kaya akan kandungan protein. Ikan juga termasuk lauk yang banyak
  • Resep Makanan Gorengan Agar Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

    Resep Makanan Gorengan Agar Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

    11 Okt, 2017 - 0 KomentarGorengan merupakan cemilan ringan yang digemari oleh banyak orang. Rasanya yang renyah, gurih,
  • Menara Tomat Dan Cherry Dengan Keju Kambing Aioli

    Menara Tomat Dan Cherry Dengan Keju Kambing Aioli

    31 Agu, 2017 - 0 KomentarBingung bagaimana mengolah buah tomat menjadi makanan yang enak dan menarik? Tenang cantik. Dalam
  • Tips Mudah Menjaga Berat Badan Ideal dengan 6 Jenis Makanan Sehat

    Tips Mudah Menjaga Berat Badan Ideal dengan 6 Jenis Makanan Sehat

    11 Okt, 2017 - 0 KomentarAnda mengalami berat badan yang kurang menguntungkan? Sebaiknya berasumsilah bahwa Anda harus
  • Tips Pola Makan Paling Ampuh Untuk Melangsingkan Perut Pria

    Tips Pola Makan Paling Ampuh Untuk Melangsingkan Perut Pria

    31 Agu, 2017 - 2 KomentarBertambahnya umur manusia maka akan banyak pria yang perutnya semakin buncit dan sebelum

Satu Komentar ke "Tips Mengolah Mie Instan Agar Lebih Sehat Dikonsumsi"

  1. velasco berkata:

    terimakasih atas informasinya, tetapi mie instan akan berkurang kelezatannya jika semua langkah diatas dilakukan…

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.