Tips Mengobati dan Meredakan Batuk dengan Cepat

Oleh Riyana Dwi Lestari

Secara singkat, batuk adalah tindakan reflek untuk membersihkan saluran udara (tenggorokan) dari lendir dan iritasi seperti debu atau asap. Secara umum, batuk dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu maksimal 3 minggu tanpa perawatan. Namun batuk yang ringan dapat menjadi serius apabila disertai dengan sakit didada, mengi, sesak nafas, demam, batuk berdahak, muntah, hingga penurunan berat badan yang tidak diketahui alasannya.

Apalagi mengingat pada masa sekarang merebak Virus Corona atau Covid-19 dimana salah satu ciri-cirinya adalah mengalami batuk. Tentunya akan menjadi sangat waspada apabila batuk menyerang. Sebagai perawatan dan perlindungan diri jika Anda mengalami batuk, berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan dan mengobati batuk agar sembuh lebih cepat.

Cara Meredakan dan Mengobati Batuk dengan Cepat

Tips Mengobati dan Meredakan Batuk dengan Cepat

Tips Mengobati dan Meredakan Batuk dengan Cepat

Penyakit batuk akan sangat cepat sembuh tergantung bagaimana masing-masing orang menanganinya, baik itu pada batuk berdahak maupun batuk ekring. Anda dapat melakukan tindakan-tindakan dibawah ini agar batu cepat sembuh :

  1. Meningkatkan kelembaban udara dapat membantu meredakan batuk. Anda dapat melakukan mandi uap atau menggunakan alat penguap agar udara disekitar Anda lebih lembab.
  2. Konsumsi minuman-minuman atau ramuan tambahan untuk membantu mengencerkan lendir agar lendir cepat keluar.
  3. Ketika batuk disertai dengan pilek dan hidung tersumbat, Anda dapat menggunakan dekongestan untuk membantu melegakan hidung yang terseumbat karena pilek. Dekongestan akan membuka saluran hidung yang tersumbat (hidung mampet).
  4. Pada anak dibawah usia 6 tahun, jangan gunakan dekongestan tanpa resep dokter. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.
  5. Jika Anda mengidap tekanan darah tinggi (hipertensi) lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apabila ingin menggunakan dekongestan.
  6. Batuk kering yang gatal ditenggorokan dapat dihilangkan dengan obat pelega tenggorokan atau permen khusus untuk melegakan tenggorokan.
  7. Hindari merokok dan kontak langsung dengan orang yang mengalami gejala flu dan batuk.
  8. Cuci tangan sesering mungkin untuk selalu menjaga kebersihan.
  9. Jika mengalami infeksi akut seperti pneumonia mungkin memerlukan antibiotik. Tapi akan lebih baik jika dikonsultasikan langsung kepada dokter.

Demikian beberapa tindakan cepat yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengobati batuk dan meredakan batuk. Apabila Anda ingin mengobati batuk menggunakan bahan alami juga tidak salah dilakukan. Jika kalian memiliki tips lainnya, dapat Anda bagikan dalam kolom komentar dibawah ini agar kita dapat saling berbagi informasi di Media Wanita. 🙂

BatukCaraKesehatanMengobatiMeredakanTips

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.