Tips Cara Mengetahui Kolesterol Normal dan Pengobatannya

Oleh Riyana Dwi Lestari

Kolesterol adalah lemak yang berada dalam membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol atau kolestrol sering menjadi momok menakutkan terutama pada orang-orang dewasa khususnya yang memiliki keturunan darah tinggi. Kolesterol normal bagi para penderita darah tinggi dapat juga mengalami kolesterol tinggi. Kolesterol normal wanita dan pria juga ada angkanya masing-masing. Kolesterol adalah penyakit yang harus selalu diperhatikan dan dilakukan pengecekan pada skala waktu tertentu. Ada beberapa hal lain yang berhubungan dengan kolesterol yang perlu Anda ketahui antara lain dibawah ini:

Kolesterol dalam Plasma Darah

Kolesterol dalam Plasma Darah

Total Kadar Kolesterol Darah

Kadar Kolesterol Darah

Kadar Kolesterol Darah

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah perlu dilakukan perhitungan dengan mengambil kolesterol LDL ditambah kolesterol high-density lipoprotein [HDL] ditambah 20 persen trigliserida Anda. Kolesterol normal yaitu kurang dari 200 mg / dL, batasnya 200-239 mg/dL. Kolesterol tinggi 240 mg / dL atau lebih.

Kadar Kolesterol Darah HDL

IDL, HDL, dan Trigliserida

IDL, HDL, dan Trigliserida

Jika membahas tentang kolesterol, kita juga harus mengetahui tentang HDL. HDL yang baik yaitu diats 60 mg / dL. Kadar HDL yang baik dapat mengurangi resiku terkena penyakit jantung. Rata-rata 50 sampai 60 mg / dL pada wanita, dan 40 sampai 50 mg / dL pada pria. Jika HDL rendah yaitu kurang dari 50 mg / dL pada wanita, dan kurang dari 40 mg / dL pada pria, dikhawatirkan dapat menjadi risiko penyakit jantung.

Kadar Trigliserida

Kadar trigliserida dalam darah normalnya yaitu kurang dari 150 mg / dL. Apabila diangka 150 hingga 499 mg / dL maka perlu diperbaiki kadar trigliserida. Jika diangka lebih dari 886 mg / dL maka ini terlalu berlebihan.

Pengobatan dan Tips Mengurangi Kolesterol

Pengobatan dan Tips Mengurangi Kolesterol

Pengobatan dan Tips Mengurangi Kolesterol

Perubahan gaya hidup lebih sehat umumnya dijadikan sebagai cara pertama pengobatan mengurangi kolesterol. Gaya hidup sehat itu diantaranya mengurangi konsumsi lemak, banyak berolahraga dan melakukan kegiatan fisik bermanfaat, banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat, menjaga berat badan tubuh, dan lain sebagainya.

Perlunya keseimbangan yang sehat antara kalori yang Anda konsumsi dengan makanan dan kalori yang Anda bakar melalui olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, usahakan untuk membakar lebih banyak kalori dibandingkan jumlah kalori yang Anda konsumsi. Beberapa tips mengurangi kolesterol merekomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik kurang lebih 30 menit setiap hari. Bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol, Anda dapat melakukan aktivitas sedang hingga berat selama 40 menit sebanyak tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda, khususnya yang mengalami kenaikan kolesterol tubuh. Bagi Anda yang mengalami kolesterol tinggi, sebaiknya lakukan pengecekan rutin sekala berkala ke dokter agar selalu terpantau.

HDLKesehatanKolesterolKolestrolLDLMengurangiNormalPengobatanPriaTinggiTipsTrigliseridaWanita

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.