Tips Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Oleh Riyana Dwi Lestari

Artikel adalah sekumpulan berita karangan faktual dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan secara umum baik melalui media online maupun media cetak dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Artikel sendiri dibagi beberapa kategori seperti artikel kesehatan, artikel pendidikan, artikel teknologi, artikel ilmiah, dan lain sebagainya. Sangat mudah dan banyak kita membaca artikel dai berbagai sumber di zaman maju seperti sekarang ini. Semakin banyak pula orang yang memiliki profesi dari menulis artikel baik disebarkan di media online maupun cetak. Cara menulis artikel masing-masing orang pun bisa saja berbeda. Lalu bagaimana cara menulis artikel yang baik bagi pembaca dan juga kita sendiri yang membuat?

Tips Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Membuat Artikel yang Baik dan Benar

1. Temukan topik terlebih dahulu

Hal utama sebelum menulis artikel tentunya kita harus menentukan topik yang akan kita bahas atau tulis nantinya. Anda dapat menentukan topik dari mana saja, mungkin dari melihat lingkungan sekitar, kejadian yang sedang booming, fenomena alam, keindahan alam, kemajuan teknologi, seputar kesehatan, dan lain sebagainya. Jika Anda menulis artikel sebagai tugas sekolah atau kuliah, Anda dapat menanyakan kepada guru atau pembimbing Anda jika ingin mendapatkan ide yang lebih bervariasi.

Buat daftar ide apabila Anda bekerja sendiri dalam membuat artikel tersebut. Jika Anda adalah para blogger atau penulis, tentunya Anda bertanggung jawab pada konten yang akan Anda buat. Untuk menemukan topik yang bagus, pikirkan tentang audiens Anda. Misalnya, jika Anda menulis blog seputar memasak, tentunya Anda mencari topik seputar makanan/minuman. Jika Anda menulis blog seputar kesehatan, tentunya Anda mencari topik seputar kesehatan.

2. Kumpulkan informasi

Setelah menentukan topik, luangkan waktu untuk mengumpulkan informasi berkaitan dengan topik tersebut. Anda dapat mendapatkannya dari buku, internet, dan media lainnya. Kalaupun topik artikel yang Anda buat membutuhkan wawancara dengan narasumber, pilihlah narasumber yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Anda harus memiliki sumber yang akurat, dan terkini. Karena informasi yang terkini biasanya yang paling akurat. Kumpulkan semua informasi dan simpan dengan struktur yang terorganisir agar memudahkan Anda ketika mulai menulis artikel tersebut.

3. Mulai merangkai artikel

Anda dapat memulainya dengan membuat draft terlebih dahulu sebelum benar-benar menulis artikel. Kemudian susun artikel dengan menyisipkan kalimat-kalimat atau fakta yang menarik pembaca. Dalam membuat susunan paragraf, Anda tidak perlu membuat setiap paragraf terlau panjang, cukup dengan paragraf yang singkat terdiri dari 4 sampai 6 kalimat setiap paragrafnya. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan bosan atau kejenuhan terhadap para pembaca. Gunakan pilihan kata dan pergantian frasa yang baik dan tepat.

4. Periksa dan cek artikel Anda

Setelan selesai menulias artikel, sebaiknya periksa kembali artikel Anda. Baca ulang artikel dan perhatikan apakah masih ada kata yang rancu atau hal-hal yang kurang baik didalamnya. Pengecekan perlu dilakukan untuk memastikan artikel telah tersusun sempurna. Jika Anda merasa kurang yakin dengan hasil pengecekan sendiri, tidak ada salahnya meminta bantuan orang terdekat atau orang yang Anda anggap lebih berkompeten untuk membaca artikel Anda dan mengoreksinya.

Membuat artikel memang membutuhkan kesabaran dan cukup waktu jika ingin hasilnya maksimal. Membuat artikel bukan hanya sekedar menulis informasi atau fakta. Namun juga bagaimana kita bisa menyampaikannya dengan cara yang berilmu, mudah dipahami, dan diharapkan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Label: ArtikelBaikBenarBermanfaatBloggerCaraContohMembuatMenulisMudahTips

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Tips Cara Facial Wajah dengan Baik & Benar yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

    Tips Cara Facial Wajah dengan Baik & Benar yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

    7 Feb, 2019 - 0 KomentarMemiliki kulit putih dan bercahaya cerah, terlihat segar sempurna merupakan impian dari kebanyakan
  • Teknik Menggosok Gigi Yang Benar Agar Terhindar dari Abrasi Gigi

    Teknik Menggosok Gigi Yang Benar Agar Terhindar dari Abrasi Gigi

    1 Apr, 2019 - 0 KomentarPengikisan gigi merupakan berkurangnya gusi yang menimbulkan area akar gigi membuka atau
  • Tips & Trik Mudah Agar Bibir Cerah Merona Alami

    Tips & Trik Mudah Agar Bibir Cerah Merona Alami

    20 Jun, 2019 - 2 KomentarPastinya kita para wanita menginginkan bibir dapat tampil merona secara alami. Benar kan ladies?
  • Resep Cara Membuat Mie Goreng Khas Aceh

    Resep Cara Membuat Mie Goreng Khas Aceh

    13 Mei, 2019 - 0 KomentarSebenarnya memang sudah banyak kita mengenal masakan ini, sudah umum pula yang berjualan di pinggir
  • Resep Masakan Ayam Kentaki Wijen Khas Yogyakarta

    Resep Masakan Ayam Kentaki Wijen Khas Yogyakarta

    18 Des, 2018 - 0 KomentarIndonesia memang kaya akan kulinernya. Banyak sekali makanan khas Indonesia. Dari mulai olahan

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2020Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.