Resep Makanan Gorengan Agar Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

Oleh Riyana Dwi Lestari

Gorengan merupakan cemilan ringan yang digemari oleh banyak orang. Rasanya yang renyah, gurih, apalagi jika saat cuaca dingin, gorengan sangat pas dijadikan cemilan yang enak untuk disantap. Sebagai teman minum kopi, teh saat menonton tv, saat sedang bersantai, dan lain sebagainya. Namun terlalu sering mengonsumsi makanan gorengan khususnya apabila kita membelinya sembarangan juga sangat mengkhawatirkan kesehatan tubuh kita. Gorengan lebih banyak memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Gorengan

Agar dampak buruk tersebut tidak kita rasakan, berikut ada beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan terhadap makanan gorengan, yaitu:

Mengolah sendiri di rumah

Apapun jenis makanan, jika diolah atau dimasak sendiri di rumah pastilah lebih menyehatkan dibandingkan membeli sembarangan. Apabila kita mengolahnya sendiri di rumah, kita dapat mengontrol bahan-bahan dari makanan tersebut. Pilihlah bahan baku yang masih segar dan berkualitas. Dalam mengolah gorengan, hal utama yang paling dituntut kebersihannya adalah minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng. Sebaiknya minyak gorengan yang sudah hitam, dan kotor karena sisa-sisa makanan terdahulu jangan digunakan untuk menggoreng. Selain itu, minyak yang amis misalnya bekas menggoreng ikan jangan digunakan untuk menggoreng makanan yang bertentangan dengan makanan yang amis, sehingga gorengan terrsebut tidak tertular bau amis dari minyak bekas ikan tersebut.

Memilih bahan makanan yang sehat

Ada berbagai macam jenis gorengan. Mulai dari bahan-bahan yang sederhana (misalnya: tahu, tempe, bakwan, kentang, dan lain-lain) sampai dengan bahan-bahan jenis olahan daging juga dapat dibuat gorengan sebagai cemilan (misalnya: sosis, nugget, ayam goreng, dan lain-lain). Pada dasarnya, apapun bahan makanannya dapat diolah menjadi gorengan. Namun, akan lebih baik jika kita dapat memilih bahan makanan tertentu untuk dijadikan cemilan gorengan. Agar manfaat kesehatan yang kita dapatkan lebih, cobalah untuk memilih sayuran sebagai bahan dalam membuat gorengan yang sehat. Selain itu juga dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang kurang menyukai sayuran. Ada berbagai macam jenis sayuran yang dapat dijadikan gorengan, yang paling mudah yaitu jenis sayuran yang renyah. Contoh sayuran renyah misalnya kacang panjang, buncis, brokoli, asparagus, kembang kol, dan lain-lain. Anda dapat mengolahnya dengan cara digoreng menggunakan kremesan tepung yang renyah.

Hindari konsumsi secara berlebihan

Jika kita sudah mengetahui berbagai macam efek gorengan untuk kesehatan tubuh kita, beri batasan dalam mengonsumsinya. Hindari konsumsi gorengan secara berlebihan. Makanan yang diolah dengan cara digoreng dengan banyak minya seperti gorengan ini cenderung memiliki kandungan lemak jahat yang tidak baik untuk kesehatan. Cara pengolahan makanan deep-frying ini memang kurang baik jika dilakukan setiap hari. Maka akan lebih baik untuk mengurangi konsumsi gorengan, atau Anda dapat melakukan variasi dalam mengolah makanan. Seperti dengan cara dipanggang, dikukus, direbus, dan lain-lain.

Kita harus selalu memperhatikan kesehatan tubuh kita, termasuk pada segala makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Demikian tips agar gorengan tidak berbahaya bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Dampak Buruk GorenganGayaGorenganGorengan SehatHidupKesehatanPolaSehatTips apa manfaat makan gorengan bikin sendiriresep gorengan unik wajahkesehtan gorengan sama atau kopi sehat tidakolahan masakan selain goengangorengan teman minumresep gorenganapakah gorengan sosis naget berbahaysresep makan seperti gorengansisa gorengan dibuatmakanan yang biasa diolah dengan cara digorengbuah buahan yang diolah menjadi gorengan yang panjangmasakan yang diolah dengan cara gorengbuah buahan yang bisa dibuat gorenganresep gorengan yang mudah olahgorengan merupakan

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.