Teknik Menggosok Gigi Yang Benar Agar Terhindar dari Abrasi Gigi

Oleh | pada 10 Sep, 2017 | 0 Komentar

Pengikisan gigi merupakan berkurangnya gusi yang menimbulkan area akar gigi membuka atau mengeropos. Apabila terserang rangsangan dingin, manis atau asam, gigi juga dapat merasa ngilu dan nyeri. Terutama apabila mengalami hal-hal tertentu misalnya saat cuaca dingin, atau misalnya karena terlalu banyak mengkonsumsi es, dan masih banyak contoh lainnya.

Karakteristik khas pengikisan gigi yang dikarenakan oleh menggosok gigi yang begitu keras yakni terciptanya lekuk-lekuk “V”di daerah leher gigi (bagian dekat gusi). Pengikisan gigi bisa menyentuh permukaan email (permukaan terluar) bahkan meraih permukaan yang lebih dalam yakni dentin. Jika pengikisan gigi telah mencapai permukaan gigi yang lebih dalam (terbukanya dentin gigi), sehingga dapat membuat gigi sensitif.

Cara & Teknik Menggosok Gigi Yang Baik dan Benar

Cara & Teknik Menggosok Gigi Yang Baik dan Benar

Pengikisan gigi tersebut bisa disebabkan oleh cara menggosok gigi yang terlampau keras dan tidak benar. Menggosok gigi semestinya tidak memakai bulu sikat yang terlampau keras dan alurnya juga kudu betul. Jika kita melihat secara umum masyarakat kita selama ini menggosok gigi itu dilakukan atas bawah saja, oleh karena itu gigi area bawah yang sering terserang pengikisan. Semestinya menggosok gigi itu berawal dari gusi menuju gigi, sehingga dari bawah menuju atas.

Kekeliruan mendasar masalah teknik menggosok gigi tersebut masih kerap ditemui di manapun, baik itu di pedesaan, di pelosok, di kawasan pinggiran, bahkan termasuk di kota besar semisal Jakarta. Biasanya, pengikisan gigi berlangsung pada saat seseorang telah memasuki usia dewasa.

Jika menggosok giginya dari gigi menuju gusi, lama kelamaan gusi akan turun. Area akar gigi yang tidak jauh dari saraf menjadi sensitif, sehingga mengakibatkan nyeri atau ngilu.
Jika pengikisan gigi terjadi, satu-satunya langkah dalam mengatasi pengikisan gigi yaitu dengan mengerjakan penambalan. Area akar gigi yang terbuka ditutup dengan tambalan khusus, jadi tidak bakal terekspos dengan rangsangan.

Mengajarkan Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar Kepada Anak

Mengajarkan Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar Kepada Anak

Maka dari itu, sudah sangat jelas seperti pepatah yang menyebutkan lebih baik mencegah dibanding mengobati. Pendidikan fundamental mengenai cara menggosok yang baik dan betul wajib dilatihkan pada anak-anak sejak dini jadi pada saat dewasa, tidak terdapat problematika gigi dan mulut yang terjadi. Intinya menggosok gigi anak-anak itu berputar melingkar, kemudian menggosok itu mulai dari gusi menuju gigi bukan sebaliknya. Ingat area belakang gigi pun wajib disikat.

Bagaimana cantik dan juga para bunda? Sudah paham kan mengenai bagaimana menggosok gigi yang baik dan benar? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Tetap selalu perhatikan dan jaga kesehatan. Kesehatan itu sangatlah penting. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita.

Label: AbrasiGosok GigiKarang GigiPencegahanPerawatan cara gosok gigi yang betulcara mengobati abrasi gigicara mengatasi abrasi gigicontoh bulu sikat gigi khusus gigi yang abrasimasalah abrasi gigimetode sikat gigi abrasi adalahcara menggosok gigi yang baik benarterhindar dari abrasicara menggosok gigi yang benar agar tidak terjadi abrasi gigiteknik sikat gigi yang menguntungkan agar tidak terjadinya abrasimengatasi pengikisan gusiabrasi gigi adalahmengatasi abrasi gigi dengan bahan alamimencegah pengikisan email pada gigikuesioner teknik menyikat gigi sehingga terjadi abrasi

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Cara Mengatasi Gigi Berlubang

    Cara Mengatasi Gigi Berlubang

    20 Jul, 2017 - 0 KomentarAnda perlu menjaga kesehatan gigi, yaitu dengan mencegahnya agar tidak berlubang. Gigi yang
  • 5 Langkah Mudah Memutihkan Kuku

    5 Langkah Mudah Memutihkan Kuku

    17 Jun, 2017 - 0 KomentarSebagian besar wanita melakukan perawatan pada kuku dengan pembersih kuku yang diharapkan akan
  • 9 Kebiasaan Baik Ini Ternyata Dapat Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

    9 Kebiasaan Baik Ini Ternyata Dapat Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

    31 Agu, 2017 - 0 KomentarTerdapat berbagai metode yang disarankan agar memperoleh badan yang sehat. Metode-metode itu bisa
  • Kenali Faktor Penyebab Timbulnya Bau Mulut Terutama Saat Puasa

    Kenali Faktor Penyebab Timbulnya Bau Mulut Terutama Saat Puasa

    12 Feb, 2017 - 0 KomentarSelama berpuasa mungkin banyak diantara kita atau mungkin Anda sendiri mengalami bau mulut.
  • 9 Tips Kecantikan Cepat Dalam 1 Menit

    9 Tips Kecantikan Cepat Dalam 1 Menit

    2 Agu, 2017 - 1 KomentarBerapa lama waktu yang Anda gunakan untuk merias wajah, menata rambut, serta mempercantik kuku

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.