Resep Masakan Opor Ayam Khas Lumajang

Oleh Riyana Dwi Lestari

Bunda, apakah Anda sangat suka dengan salah satu masakan opor ayam ini? Opor ayam merupakan salah satu jenis masakan yang memang seringkali ada di setiap momen tertentu, misalnya saja pada saat hari raya atau saat lebaran Idul Fitri tiba, dan tidak hanya itu saja, opor ayam ini juga kerap kali hadir di beberapa acara spesial yang lainnya.

Opor Ayam

Opor Ayam

Bahkan menariknya lagi, opor ayam ini telah menjadi salah satu makanan khas masyarakat Lumajang, yang mana keberadaan opor ayam ini sangat di gemari oleh masyarakat Lumajang, yang mana rasanya pun sudah tidak bisa Anda ragukan lagi. Bagaimana bunda, apakah Anda ingin tahu cara memasak sebuah opor ayam khas daerah Lumajang tersebut? Jika benar, silakan Anda simak beberapa ulasan menarik mengenai resep masakan opor ayam khas Lumajang di bawah ini.

Bahan & Bumbu Masakan Opor Ayam

Opor ayam Lumajang adalah sebuah masakan yang cukup sederhana yang memiliki cita rasa yang sangat enak dan gurih, yang mana untuk membuatnya, Anda di perlukan mempersiapkan beberapa bahan berikut seperti :

1. Daging ayam sebanyak ½ kilogram yang di potong sesuai selera

2. 200 cc santan kelapa

3. 1 gelas air putih

4. 1 lembar daun salam

5. 2 batang serai yang di geprek

6. Penyedap rasa dan garam sesuai selera

7. 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Selain bahan-bahan utama di atas, membuat masakan opor ayam juga membutuhkan beberapa bahan lainnya untuk bumbu yang di haluskan seperti :

1. 3 butir dari bawang merah

2. 2 siung dari bawang putih

3. 5 butir kemiri yang di goreng

4. 1 sendok makan ketumbar

5. ½ sendok teh pala

6. 2 cm kunyit

7. 3 cm jahe.

Cara Membuat Masakan Opor Ayam

Setelah semua bahan dan bumbu telah Anda persiapkan, selanjutnya kita memulai untuk mengolah masakan opor ayam tersebut. Berikut di bawah ini adalah langkah-langkah dalam tahapan membuat opor ayam:

1. Untuk cara memasaknya yang pertama Anda bersihkan dulu daging ayamnya.

2. Lalu Anda rebus hingga dagingnya lunak, kemudian Anda sisihkan.

3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, lalu oseng-oseng hingga aroma wanginya keluar.

4. Masukkan air santannya bersama dengan air putih, dan aduklah hingga merata.

5. Berikan penyedap rasa, garam, serta gula secukupnya sesuai selera.

6. Dan yang terakhir Anda masukan daging ayamnya, lalu aduk lagi agar bumbunya tercampur dan meresap kedalam daging ayamnya.

Selesai sudah masakan opor ayam khas Lumajang yang sudah Anda buat, sekarang opor ayam buat Anda sudah siap untuk di sajikan panas-panas atau untuk hidangan dalam menyambut Idul Fitri tiba, seteah 1 bulan penuh berpuasa Ramadhan. Sekian ulasan resep masakan opor ayam khas Lumajang, semoga memberi manfaat buat bunda semuanya. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita. Temukan resep masakan kuliner khas Indonesia menarik lainnya di situs kami.

HidanganIdul FitriKhasKulinerLebaranLumajangMakanan Khas IndonesiaOpor AyamSajian kuliner khas lumajangopor ayam lumajangpengertian makanan dadar tahu khasresep daging lumajangcara membuat opor ayam tahu pasanganyaresep opor khas lombokayam pedas khas lumajangbumbu opor ayam lumajangbumbu opor lumajangopor ayam khas lombokmakanan khas mana ayambumbu opor ayam khas lumajangcara membuat opor ayam khas lebaranresep memasak ayam lombokdiskripsi makanan khas opor ayam

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.