Resep Masakan Khas Lumajang Pecak Lele

Oleh Riyana Dwi Lestari

Pernahkah Anda menghidangkan masakan pecak lele khas daerah Lumajang? Mungkin sebagian bunda sekalian, ada kan yang belum pernah menghadirkan pecak lele ini di meja makan Anda? Nah, untuk itulah tidak ada salahnya kan jika nantinya Anda mencoba menghadirkan masakan pecak lele tersebut? Sebab pecak lele merupakan salah satu masakan khas Lumajang yang sangat enak sekali, yang mana kehadiran dari pecak lele ini biasanya di hadirkan bersama dengan sambal tomat yang sangat menggugah selera, bahkan pecak lele ini di lengkapi dengan adanya lalapan yang menambah cita rasa pecak lele semakin maknyus.

Pecak Lele

Pecak Lele

Pecak lele yang menjadi makanan yang cukup meriah ini sangat populer di Lumajang, yang mana telah menjadi salah satu makanan paling favorit bagi masyarakat Lumajang, pasalnya terdapat begitu banyak warung makan yang menawarkan makanan pecak lele tersebut. Nah, bagaimana? Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara membuat pecak lele khas Lumajang tersebut? Mari ikuti ulasan resep masakan khas Lumajang pecak lele di bawah ini.

Bahan dan Bumbu Masakan Pecak Lele

Untuk membuat pecak lele khas Lumajang yang lezat, Anda harus mempersiapka beberapa bahan yang di perlukan, seperti :

1. Beberapa ikan lele yang masih segar.

2. 20 cabe rawit warna merah.

3. 3 cabe merah yang berukuran besar.

4. 3 bawang putih.

5. 2 buah tomat yang berukuran besar

6. Gula merah 1 sendok makan.

7. Garam sesuai selera Anda.

8. Minyak goreng untuk menggoreng.

Cara Membuat Masakan Pecak Lele

Jika semua bahan beserta bumbu pelengkapnya atau bumbu pembuat sambalnya sudah Anda persiapkan, saatnya Anda simak cara membuat pecak lele yang maknyus khas daerah Lumajang tersebut:

1. Yang pertama Anda cukup goreng ikan lele yang sudah Anda bersihkan dari kotorannya hingga matang, kemudian Anda tiriskan.

2. Selanjutnya Anda goreng semua bahan yang masih tersisa, kecuali gula serta garam, masak hingga matang lalu angkat dan juga tiriskan.

3. Ulek semua bahan yang sudah Anda goreng hingga lembut, kemudian Anda tambahkan gula dan juga garam kedalamnya, aduk hingga rata dan sajikan bersama ikan lelenya.

4. Masakan pecak lele khas Lumajang kini sudah selesai Anda buat, dan sekarang tinggal Anda sajikan untuk menu sarapan bersama keluarga tercinta.

Demikianlah resep masakan khas Lumajang pecak lele semoga bermanfaat. Mudah bukan untuk membuatnya? Walaupun masakan pecak lele termasuk masakan yang sederhana, akan tetapi akan terasa istimewa jika Anda bisa mengoah dan membuatnya dengan benar dan enak. Selamat mencoba Bunda. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita.

KhasKulinerLumajangMakananMasakanNusantaraPecak LeleTradisionalWarisan cara membuat pecak leleResep pecak lelebumbu pecak lelepecak lelecara buat pecak leleresep masakan pecak leleresep pecak lele maknyuspecak lele betawicara membuat pecak lele betawicara memasak pecak leleresep bumbu pecak lelegambar pecak lelemasakan pecak lelepecak lele resepcara bikin pecak lele

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.