Resep Masakan Khas Betawi Pecak Gurame

Oleh Riyana Dwi Lestari

Pecak gurame adalah sebuah masakan yang hadir di daerah Betawi yang memang memiliki banyak penggemarnya oleh masyarakat luas, selain pecak gurame tersebut memiliki rasa yang sangat enak dan gurih, pecak gurame ini juga mempunyai keunikan tersendiri yang sangat berbeda dengan pecak gurame yang lainnya. Sebab pecak gurame khas Betawi ini telah dicampurkan dengan sebuah sambal yang sangat nikmat, sehingga semakin menyempurnakan rasa pecak gurame yang sangat enak dan sangatlah lezat sekali.

Pecak Gurame Khas Betawi

Pecak Gurame Khas Betawi

Berminat untuk membuat pecak gurame yang enak yang menjadi salah satu makanan paling favorit masyarakat Betawi? Mari Anda simak saja penjelasan memasaknya di bawah ini yang akan diulas dalam tema resep masakan khas Betawi pecak gurame.

Bahan & Bumbu Pecak Gurame

Sebelum Anda melangkah lebih jauh dalam membuat pecak gurame Betawi yang enak, berikut bahan yang harus dipersiapkan :

1. Ikan gurame yang berukuran besar dan masih segar 1 ekor potonglah sesuai selera Anda lalu pisahkan juga daging dari tulangnya

2. Kacang mede 75 gram disangrai lalu dihaluskan

3. Kacang tanah 75 gram yang juga disangrai dan dihaluskan

4. Santan kental 200 ml

5. Bawang putih yang halus 1 sendok teh

6. Cabe halus 1 sendok makan

7. Bawang merah halus 1 sendok makan

8. Cabe hijau secukupnya

9. Kemiri halus 1 sendok teh

10. Jahe yang dipotong kecik-kecil 10 cm

11. Kunyit halus 1 sendok teh, dan juga garam secukupnya.

Cara Membuat Pecak Gurame

Adapun cara pembuatannya seperti berikut :

1. Yang pertama adalah melumuri tulang gurame yang sudah dipisahkan dari dagingnya dengan tepung terigu lalu di goreng sampai kering dan sisihkan.

2. Kemudian Anda lumuri juga daging guramenya dengan tepung terigu lalu goreng sampai mengering dan tiriskan juga.

3. Langkah selanjutnya adalah membuat sausnya, yang pertama Anda masukan seluruh bumbu yang dihaluskan dengan menambahkan santan kelapa, lalu masak sampai menddih dan berikan garam secukupnya.

4. Langkah terakhir adalah menyiramkan saus tersebut di atas ikan gurame gorengnya.

Pecak gurame khas Betawi ini juga bisa Anda jadikan sebagai lauk yang bisa di sandingkan bersama dengan nasi putih yang masih hangat. Demikianlah rangkuman yang diulas oleh penulis mengenai resep masakan khas Betawi pecak gurame semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita.

Khas BetawiKulinerPecak Gurame resep pecak gurame khas sundabumbu pecak bumbu pecak gurameresep pecak lele khas sundaresep pecak gurame sundaresep pecak guramepecak gurameresep pecak ikan guramepecak gurame betawiresep pecak jengkolpecak lele khas betawiresep pecak lele betawipecak jengkol betawiresep pecak ikan khas sundacara membuat pecak jengkol

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.