Resep Masakan Ayam Kentaki Wijen Khas Yogyakarta

Oleh Riyana Dwi Lestari

Indonesia memang kaya akan kulinernya. Banyak sekali makanan khas Indonesia. Dari mulai olahan sayur, hingga daging. Pernahkah Anda mengenal atau mendengar ayam kentaki? Jenis olahan ayam tersebut memang sudah tidak asing di telinga dan lidah kita. Di daerah Yogyakarta, terdapat olahan ayam kentaki ini namun dengan variasi yang berbeda. Masakan yang satu ini cocok untuk Anda yang sedang berhobi kuliner, karena setidaknya harus wajib mencobanya selain dari bumbu-bumbu yang spesial Andalan kota gede ini juga mempunyai rasa masakan tradisionalnya meskipun bahan utama dari ayam. Kenapa tidak ayam yang di padu dengan wijen pilihan ternyata sangat padu utuk di buat kentaki ayam goreng.

Ayam Kentaki Wijen Khas Yogyakarta

Ayam Kentaki Wijen Khas Yogyakarta

Ayo ajak keluarga kita maupun saudara untuk kuliner khas Yogyakarta, bila Anda tidak sempat pergi ke kota Gede itu, dan inilah Anda akan di bantu membuat masakan mulai dari bahan-bahan, bumbu, hingga cara mengolahnya yang praktis dan mudah. Berikut resep masakan ayam kentaki wijen khas Yogyakarta yaitu :

Bahan dan bumbu masakan ayam kentaki wijen

1. Pilihlah daging ayam yang sehat dan potonglah juga dagingnya hingga jadi beberapa bagian yang diinginkan. Cucilah setelah itu hingga bersih tidak ada bekas darah.

2. Siapkan secukupnya tepung terigu merk sesuai selera Anda kualitas yang baik dipilih.

3. Sediakan tepung beras secukupnya sesuai hidangan.

4. Bahan campuran wijen siapkan.

5. Siapkan butir telur seperlunya untuk dihaluskan dengan sendok kocok.

6. Minyak goreng sesuai masakan yang di masak banyak atau tidak.

Cara membuat dan mengolah ayam kentaki wijen

1. Cara yang pertama perlu diperhatikan untuk Anda, daging ayam direndam dengan bumbu-bumbu akan tetapi lebih baik dihaluskan dahulu agar meresap ke bagian-bagian daging ayam.

2. Setelah menunggu daging itu baik untuk dicampur maka masukanlah tepung beras dan wijen untuk membuat adonan masakan ini. Aduk hingga campuran itu merata ke permukaan daging semua.

3. Lalu potongan daging ayam diaduk di tempat ceplokan telur aduk hingga daging terlumuri.

4. Agar sesuai dengan harapan ulangi aduk-aduk daging ayam ke putihan telur dan di kasih wijen sampai merata permukaany tertutup.

5. Untuk hasil penggorengan lebih maksimal panaskan dahulu minyak yang disediakan di wajan hingga benar-benar mudah ketika goreng.

6. Goreng sampai daging ayam benar-benar matang dan siap untuk di sajikan.

Itulah resep masakan ayam kentaki wijen khas Yogyakarta, semoga dengan melihat cara menu di atas Anda dapat mencobanya untuk di makan bersama keluarga. Selamat mencoba cantik. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita.

AyamIndonesiaKhas YogyakartaKuinerMasakanWijen ayam goreng wijenvariasi ayam kentakiresep membuat kentaki yang mempunyai khas rasamasakan campuran minyak wijenmasakan dengan bumbu wijenresep kentakiceker kentakicara membuat masakan ayam kentakimakanan khas kentakibumbu ayam kentaki

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.