Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit Kista

Oleh | pada 9 Jun, 2017 | 0 Komentar

Kista merupakan penyakit yang super halus, rumit dan unik, sebab keberadaannya mirip dengan kehamilan. Kista adalah tumor jinak yang sering ditemui pada wanita. Mengingat semua wanita mempunyai resiko terserang penyakit ini. Setiap wanita memiliki 2 indung telur yaitu kanan dan kiri dengan ukuran normalnya sebesar biji kenari. Dimana dalam setiap indung telur tersebut berisi ribuan telur (follicle) yang setiap bulannya akan membesar. Sehingga terbentuk menjadi telur yang matang. Pada peristiwa ovulasi telur yang matang ini keluar dari indung telur dan bergerak ke rahim melalui saluran telur. Apabila sel telur ini dibuahi, maka sel telur (follicle) ini akan mengecil dan menghilang dalam waktu 2-3 minggu dan akan terus berulang sesuai siklus haid pada seorang wanita. Namun jika terjadi gangguan pada proses siklus ini, maka dapat menjadi kemungkinan timbulnya kista.

Gambaran Penyakit Kista

Gambaran Penyakit Kista

Jenis dan Karakter Penyakit Kista

Berdasarkan tingkat keganasannya, penyakit kista terbagi menjadi dua yaitu:

a. Kista Nonneoplastik

Kista nonneoplastik bersifat jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah kurun waktu antara 2 sampai 3 bulan.

b. Kista Neoplastik

Sedangkan kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu tergantung pada ukuran dan sifatnya.

Kemudian untuk jenis kista ovarium neoplastik jinak terdiri dari beberapa jenis diantaranya:

a. Kistoma Ovarii Simpleks

Kistoma ovarii simpleks merupakan kista yang permukaannya rata dan halus, biasanya dapat bertangkai, seringkali bilateral, serta dapat membesar. Dinding kista tipis berisi cairan jernih yang serosa dan berwarna kuning.

b. Kistadenoma Ovarii Musinosum

Jenis kista ini memiliki bentuk yang multilokular dan biasanya unilateral, dapat tumbuh menjadi sangat besar. Jika dilihat gambaran secara klinis, terdapat perdarahan dalam kista dan perubahan degeneratif di dalamnya. Sehingga timbul perleketan kista dengan omentum, dan peritoneum parietale. Selain itu, bisa juga terjadi ileus yang disebabkan karena perleketan dan produksi musin yang terus bertambah akibat pseudomiksoma peritonei.

c. Kistadenoma Ovarii Serosum

Kista ini berasal dari epitel germinativum. Bentuk kista jenis ini umumnya unilokular. Namun jika bentuknya multilokular perlu dicurigai adanya keganasan. Kista jenis ini dapat membesar, tetapi tidak sebesar kista musinosum. Jenis kista ini juga dapat memnyebabkan timbulnya asites.

d. Kista Dermoid

Kista dermoid adalah teratoma kista jinak dengan struktur ektodermal berdiferensiasi sempurna dan lebih menonjol daripada mesoderm dan entoderm. Bentuk dari cairan kista ini seperti mentega. Kandungan di dalamnya tidak hanya berupa cairan namun juga terdapat partikel lain seperti rambut, gigi, tulang, serta sisa-sisa kulit. Dinding kista berwarna keabu-abuan dan agak tipis, serta konsistensi sebagian kista kenyal sementara yang sebagian lagi padat. Jenis kista ini dapat menjadi ganas, seperti karsinoma epidermoid. Kista ini diduga berasal dari sel telur melalui proses parthenogenesis. Gambaran secara klinis penyakit kista ini adalah nyeri mendadak di perut bagian bawah yang disebabkan karena torsi tangkai kista dermoid. Dinding dari kista dapat ruptur sehingga isi kista keluar pada bagian rongga dari peritoneum.

e. Kista Folikel

Kista ini berasal dari Folikel de Graaf yang tidak sampai berovulasi, namun folikel tersebut tumbuh secara terus menerus sehingga menjadi sebuah kista folikel. Atau penyebab lain kista ini yaitu dari beberapa folikel primer yang setelah tumbuh di bawah pengaruh estrogen tidak mengalami proses atresia secara lazim, melainkan membesar menjadi kista. Jenis kista ini biasanya memiliki ukuran yang besarnya berdiameter 1 – 1,5 cm.

Ternyata ada banyak jenis kista beserta penyebab dan gejalanya yang beresiko menyerang pada wanita. Agar kita tidak mengalami penyakit kista tersebut, jaga dan rawat organ tubuh kita ya cantik. Bukan hanya bagian tubuh luar saja, namun juga organ tubuh lainnya yang ada di dalam tubuh kita. Sehat itu penting. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita. 🙂

Label: Ciri-ciriGejalaJenis KistaKistaPenyakitPenyebab gambar kistapenyakit kista pada rahimgambar rahim wanita yang kistanama penyakit multilokularegejala penyakit kistoma ovarii simpleksgambar kista rahim wanitagambar rahim kistapenyebab kista membesarjenis jenis kista yang menonjolpenyebab kista dermoid adalahgambaran kista dalam rahimkista serousciri ciri kista musinosumgambar tentang kista simpleksserous kista

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 2

    Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 2

    22 Nov, 2016 - 0 KomentarVertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau itu
  • Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Wanita

    Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Wanita

    25 Apr, 2017 - 1 KomentarPernahkah Anda menganal tentang penyakit hernia? Penyakit hernia lebih banyak ditemukan menyerang
  • Ini Dia Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Bayi

    Ini Dia Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Bayi

    30 Nov, 2016 - 0 KomentarPernahkah Anda mendengar bahwa bayi terkena penyakit hernia? Sangat menyedihkan, sangat disayangkan
  • Gejala Dan Penyebaran Penyakit Herpes

    Gejala Dan Penyebaran Penyakit Herpes

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarHerpes merupakan salah satu jenis penyakit menular yang menyerang permukaan kulit.
  • Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 1

    Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 1

    10 Sep, 2016 - 0 KomentarVertigo adalah adanya sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.