Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya – Part 2

Oleh | pada 22 Nov, 2016 | 0 Komentar

Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau itu seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau sekarang berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring dalam keadaan diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali. Jenis Vertigo diklasifikasikan menjadi dua kategori berdasarkan saluran vestibular yang mengalami kerusakan, yaitu vertigo periferal dan vertigo sentral. Saluran vestibular adalah salah satu organ bagian dalam telinga yang senantiasa mengirimkan informasi tentang posisi tubuh ke otak untuk menjaga keseimbangan.

Penyakit Vertigo

Penyakit Vertigo

Vertigo periferal terjadi jika terdapat gangguan di saluran yang disebut kanalis semisirkularis, yaitu telinga bagian tengah yang bertugas mengontrol keseimbangan. Gejala gangguan kesehatan yang sering menyertai vertigo periferal antara lain penyakit-penyakit seperti benign parozysmal positional vertigo (gangguan akibat kesalahan pengiriman pesan), penyakit meniere (gangguan keseimbangan yang sering kali menyebabkan hilang pendengaran), vestibular neuritis (peradangan pada sel-sel saraf keseimbangan), dan labyrinthitis (radang di bagian dalam pendengaran).

Sedangkan vertigo sentral terjadi jika ada sesuatu yang tidak normal di dalam otak, khususnya di bagian saraf keseimbangan, yaitu daerah percabangan otak dan serebelum (otak kecil).

Penyebab Penyakit Vertigo

Tubuh merasakan posisi dan mengendalikan keseimbangan melalui organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam. Organ memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak. Vetigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otak itu sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Secara spesifik penyebab umum penyakit vertigo antara lain:

1. Keadaan lingkungan seperti Motion sickness (mabuk darat, mabuk laut).

2. Obat-obatan misalnya konsumsi alkohol, gentamisin.

3. Kelainan sirkulasi dapat berupa transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler.

4. Kelainan pada telinga misalnya terdapat endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo), infeksi telinga bagian dalam karena bakteri, herpes zoster, labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga).

5. Kelainan neurologis misalnya klerosis multipel, patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya, tumor otak, tumor yang menekan saraf vestibularis.

Gejala Penyakit Vertigo

Penderita vertigo biasanya menunjukkan gejala merasa seolah-olah dirinya bergerak atau berputar atau penderita merasakan seolah-olah benda di sekitarnya bergerak atau berputar. Sebelum memulai pengobatan, harus ditentukan sifat dan penyebab dari vertigo. Gerakan di mata yang abnormal menunjukkan adanya kelainan fungsi telinga bagian dalam atau saraf yang menghubungkannya dengan otak. Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Arah dari gerakan tersebut bisa membantu dalam menegakkan serta diagnosa. Nistagmus bisa dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita secara tiba-tiba atau meneteskan air dingin ke dalam telinga.

Diagnosis Penyakit Vertigo

Untuk menguji keseimbangan, penderita diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya adalah dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup. Tes pendengaran yang seringkali bisa menentukan adanya kelainan telinga yang mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran. Pemeriksaan antara lain adalah CT scan atau MRI kepala, yang telah bisa menunjukkan kelainan tulang atau tumor yang menekan saraf. Jika diduga suatu infeksi, bisa diambil contoh cairan dari telinga atau sinus atau dari tulang belakang. Jika Anda diduga terdapat penurunan aliran darah ke otak, maka dari itu dilakukan pemeriksaan merupakan angiogram, untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak.

Berikut informasi mengenai apa itu vertigo, penyebab, gejala, serta diagnosisnya. Anda juga dapat membaca informasi lainnya mengenai penyakit vertigo pada halaman ini. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Label: DiagnosisGejalaPenyakitPenyebabVertigoVertigo PeriferalVertigo Sentral diagnosis penyakit vertigovertigo bayipada kanalis sirkulasi terdapat batu keseimbangan yang disebutbatu keseimbangan pada kanalis sirkulasi disebutpada kanalis sirkulari terdapat batu keseimbangan yang disebutpada kanalis sirkunalis terdapat batu keseimbangan yang disebutpada kanalis sirkulasi terdapat batu keseimbangandalam kanalis sirkulasi terdapat batu keseimbangan yang terbentuk dari kapur disebutpada kanalis sirkulari terdapat batu keseimbangan disebutdalam canalis semisircularis terdapat batu keseimbangan yang terbentuk dari kapur disebutbatu keseimbangan pada kanalis sirkularibatu keseimbangan kanalis sirkulari disebutpenyakit vertigo gejalanyahttps www medianita com mengenal penyakit vertigo gejalanya part 2pada kanalis sirkulari terdapata batu keseibangan yang diaebut

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 1

    Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 1

    10 Sep, 2016 - 0 KomentarVertigo adalah adanya sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan
  • Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit Kista

    Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit Kista

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarKista merupakan penyakit yang super halus, rumit dan unik, sebab keberadaannya
  • Ini Dia 5 Cara Unik & Ampuh Mengurangi Stres - Part 2

    Ini Dia 5 Cara Unik & Ampuh Mengurangi Stres - Part 2

    11 Mei, 2017 - 1 KomentarBisa dikatakan stres merupakan salah satu penyakit yang banyak mendominasi masyarakat luas pada
  • Mengenal Materi Mengenai Proklamasi Kemerdekaan & Pembentukan Pemerintah Indonesia

    Mengenal Materi Mengenai Proklamasi Kemerdekaan & Pembentukan Pemerintah Indonesia

    11 Agu, 2016 - 0 KomentarPembentukan dari pemerintah yang dapat kita lihat dari hukum tata Negara, proklamasi kemerdekaan
  • 15 Tutorial Cara Memakai Hijab Cantik & Modern - Part 3

    15 Tutorial Cara Memakai Hijab Cantik & Modern - Part 3

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarAnda ingin selalu tampil mempesona dengan hijab cantik Anda? Ya hijab memang telah menjadi fenomena

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.