Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Wanita

Oleh | pada 25 Apr, 2017 | 1 Komentar

Pernahkah Anda menganal tentang penyakit hernia? Penyakit hernia lebih banyak ditemukan menyerang pada pria. Bukan hanya pada pria dewasa, hernia tidak menutup kemungkinan juga mneyarang pada anak-anak, balita, bahkan bayi. Penyakit ini membuat penderitanya merasa risih dan tidak nyaman, bahkan ada beberapa yang merasa sakit karena benjolan penyakit hernia ini. Hernia dalam pandangan medis, atau yang sering disebut dengan istilah tedun adalah penyakit yang terjadi karena dinding perut yang tidak kuat menahan isi perut usus sehingga usus tersebut menjadi turun dan mendesak ke bawah.

Hernia Pada Wanita

Hernia Pada Wanita

Wanita juga memiliki kemungkinan mengalami penyakit hernia, sama seperti pria, anak-anak, dan balita. Bagi pria, ada beberapa kemungkinan yang menjadi faktor penyebab penyakit hernia ini, yaitu karena kelelahan, cara olahraga yang salah, dan terlalu sering melakukan aktifitas berat. Mungkin juga disebabkan karena turunnya testis sejak kecil. Sedangkan bagi wanita khususnya para ibu hamil, kemungkinan terkena penyakit hernia lebih besar dibandingkan wanita yang tidak sedang dalam kondisi hamil. Hal-hal yang bisa menjadi penyebab hernia pada wanita selain karena faktor penyebab yang terjadi pada pria juga bisa terjadi karena menurunnya kedaan perut.

Agar kita lebih memahami tentang penyakit hernia ini, berikut beberapa informasi mengenai diagnosa dan cara mengobati penyakit hernia khususnya pada wanita:

Diagnosis Penyakit Hernia

Pada wanita atau siapa saja yang ingin mendiagnosa penyakit hernia, diperlukan seseorang yang memang benar-benar ahli dalam pemeriksaan penyakit ini. Ahli pakar yang sudah jelas dan pasti ialah seorang dokter. Lakukan konsultasi kepada dokter kepercayaan Anda agar melakukan pemeriksaan atau pengecekan terhadap kondisi kesehatan Anda. Biasanya dokter akan menggunakan cara scan untuk mengetahui bagian dalam organ tubuh Anda, khususnya pada bagian-bagian tertentu yang biasanya menjadi tempat bersarangnya penyakit hernia, misalnya pada wanita biasanya terjadi dalam bagian perut. Melalui hasil scan tersebut dapat Anda lihat apakah Anda mengidap penyakit hernia atau tidak. Jika positif, biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi sebagai jalan penyembuhan penyakit ini.

Setelah mengetahui gejala, penyebab penyakit hernia ini, tidak ada salahnya kita mengetahui bagaimana cara pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit hernia.

1. Herniorrhaphy

Cara ini biasanya dilakukan dengan memberikan sayatan yang dilakukan seperti operasi kecil. Dimana usus yang menurun tersebut dinaikkan untuk ditempatkan pada posisi yang seharusnya agar kembali seperti semula. Penyembuhan penyakit ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama yaitu berkisar antara 1-2 minggu.

2. Hernioplasty

Pengobatan menggunakan prosedur ini memerlukan beberapa sayatan sederhana. Biasanya ahli bedah akan memasukkan kamera dibagian ujungnya. Diaman kamera tersebut dapat mengambil gambar dengan cara memfoto apapun yang terjadi di dalam usus. Prosedur operasi seperti ini lebih banyak disukai karena sayatan tidak terlalu lebar sehingga pemulihan akan lebih cepat jika dibandingkan dengan metode herniorrahapy.

Pencegahan Penyakit Hernia

Bagi Anda maupun siapa saja yang memiliki firasat atau merasakan hal-hal yang menjadi gejala dan tanda-tanda penyakit hernia, sebaiknya untuk segera memeriksakan kepada dokter agar diketahui secara pasti dan cepat. Usahakan untuk menjaga kegiatan aktifitas Anda agar tidak terlalu berlebihan, perhatikan pula cara olahraga yang baik dan benar. Tetap jaga kesehatan ya cantik! Bagaimanapun kesehatan itu penting. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita. 🙂

Label: Ciri-ciriDiagnosisGejalaHerniaHernioplastyHerniorrhaphyPencegahanPenyebab penyakit hernia pada wanitakejala awal hernia pada perempuantedun pada wanitapemeriksaan hernia pada wanitapenyakit hernia perempuanhernea cewe ko bisaPenyakit hernia pada perempuanhernia pada wanitagejala hernia padawanitagambar hernia pada wanitaciri ciri pnyakit hernia pda wanitausus turun pada wanitaciri hernia pada wanitaciri ciri hernis pada wanitaPenyakit herpes hernia

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Ini Dia Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Bayi

    Ini Dia Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Bayi

    30 Nov, 2016 - 0 KomentarPernahkah Anda mendengar bahwa bayi terkena penyakit hernia? Sangat menyedihkan, sangat disayangkan
  • Gejala Dan Penyebaran Penyakit Herpes

    Gejala Dan Penyebaran Penyakit Herpes

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarHerpes merupakan salah satu jenis penyakit menular yang menyerang permukaan kulit.
  • Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Sembelit

    Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Sembelit

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarApakah Anda sering mengalami sembelit atau konstipasi? Semua orang bisa terserang sembelit atau
  • Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 2

    Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 2

    22 Nov, 2016 - 0 KomentarVertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau itu
  • Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit Kista

    Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit Kista

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarKista merupakan penyakit yang super halus, rumit dan unik, sebab keberadaannya

Satu Komentar ke "Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Wanita"

  1. velasco berkata:

    terimakasih atas info anda,,,, saya akan melakukan tahap tahap pencegahan….

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.