Kenali Faktor Penyebab Timbulnya Bau Mulut Terutama Saat Puasa

Oleh Riyana Dwi Lestari

Selama berpuasa mungkin banyak diantara kita atau mungkin Anda sendiri mengalami bau mulut. Penyakit ringan ini memang sudah seperti menjadi hal yang berkaitan erat selama kita menjalankan ibadah puasa. Bau mulut tentunya sangat mengganggu kenyamanan atau bahkan mengurangi tingkat percaya diri kita sehari-sehari. Selain itu, bau mulut juga bisa mengganggu kenyamanan lawan bicara kita. Jika hal itu terjadi, tentunya akan membuat perasaan risih dari lawan bicara kepada kita, serta dapat mengubah pandangan mereka tentang kita.

Bau Mulut

Bau Mulut

Mungkin dalam diri kita bertanya-tanya, sebenarnya apa saja yang menyebabkan bau mulut itu terjadi? Secara umum kita mengetahui bahwa bau mulut bisa terjadi karena adanya bakteri yang bersarang di dalam mulut, atau karena kurangnya kita dalam menjaga kebersihan mulut. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini kami ulas beberapa hal yang menjadi faktor penyebab timbulnya bau mulut:

1. Bakteri yang Berkembang Biak Di Dalam Mulut

Bakteri berkembang biak di dalam mulut Anda. Mikro organisme ini mengintai di antara gigi Anda dan menutupi lidah Anda. Khususnya pada bakteri stagnan, mereka berkembang biak dan mengeluarkan racun dan bau pada mulut.

2. Produksi Saliva Berkurang

Selama kita dalam kondisi berpuasa, produksi saliva di dalam mulut berkurang. Hal ini disebabkan karena selama berpuasa kita juga berkurang dalam proses makan (berkurangnya kegiatan pada mulut). Akibat dari berkurangnya produksi saliva tersebut menyebabkan bakteri dapat berkembang biak dengan cepat, hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan munculnya bau tidak sedap pada mulut.

3. Makanan yang Dikonsumsi

Selain karena bakteri yang bersarang di dalam mulut, bau tak sedap yang timbul bisa juga disebabkan karena jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari selama berpuasa. Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan bau pada mulut, diantaranya bawang merah, bawang putih, bawang bombay, makanan pedas, ikan, dan masih banyak yang lainnya. Maka dari itu, perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

4. Kerusakan Pada Gigi

Faktor lain yang dapat mengakibatkan timbulnya bau tak sedap di mulut adalah kerusakan yang terjadi pada gigi. Kerusakan tersebut dapat berupa adanya lubang pada gigi, gusi yang luka, adanya karang yang menumpuk pada gigi, dan lain sebagainya. Lubang dan karang pada gigi jika dibiarkan terus-menerus dapat menimbulkan bau tak sedap dari dalam mulut Anda. Hal ini tentunya sangat berkaitan dengan bagaimana Anda dalam menjaga kebersihan gigi. Lebih baik periksalah keadaan gigi Anda secara rutin.

5. Asam Lambung Tinggi

Seseorang yang memiliki kadar asam lambung yang tinggi cenderung mengeluarkan aroma tidak sedap dari mulutnya, terutama saat dia bersendawa. Hal ini biasanya sering terjadi pada mereka yang mengalami sakit maag. Mungkin banyak diantara kita yang hanya menduga bahwa lambung umunya hanya berkaitan dengan pencernaan. Sebenarnya apabila sudah terjadi pada kondisi yang buruk, asam lambung ini bahkan dapat berpengaruh mencapai bagian dalam telinga, dan sinus. Untuk itu, lebih baik kurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu kenaikan kadar asam lambung seperti misalnya minuman beralkohol, coklat, kayu manis, dan lain-lain.

Bagaimana cantik? Sekarang kita menjadi lebih tahu apa saja yang menjadi penyebab bau mulut itu bisa timbul. Yang pasti menjaga kebersihan dan kesehatan itu wajib ya ladies. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita. Apabila Anda berkenan untuk saling berbagi informasi kepada kami, kami membuka kolom komentar di bawah ini sebagai sarananya.

AkibatAsam LambungBakteri Pada MulutBau MulutKerusakan GigiPenyebabPuasa makan pedas timbul mulutfaktor saja penyebab mulutmakanan pedas bisa menimbulkan mulutcara menyuburkan rambut bayi secara alamifaktor bau mulut loc id

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.