Kenali Dampak & Bahaya Sering Menunda Waktu Makan Bagi Kesehatan

Oleh | pada 8 Jul, 2017 | 0 Komentar

Selama ini dalam memelihara kesehatan dan membentuk badan, jumlah dan variasi makanan selalu menjadi hal yang utama. Namun ternyata, menentukan waktu makan juga ikut berpengaruh. Waktu makan sehari-hari kita sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita, terutama berdampak pada kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh kita. Selain hal tersebut, terdapat pula dampak buruk bagi kesehatan yang lainnya seperti yang akan kita bahas bersama di bawah ini.

Pada suatu penelitian baru yang diterbitkan pada jurnal Science, para ilmuwan di San Diego State University dan Salk Institute menjumpai bahwa dengan meciptakan selang waktu selama makan lebit terkendali, dan tidak makan malam terlampau larut, bisa menghindari penuaan dini dan juga menyehatkan jantung. Studi tersebut menemukan bahwa gen yang bertanggung jawab terhadapat jam biologis badan adalah bagian integral dari proses tersebut.

Menunda Waktu Makan

Menunda Waktu Makan

Hasil penelitian sebelumnya menjumpai bahwa orang yang lebih mengulur-ulur waktu makan, khususnya di petang hari, mempunyai bahaya lebih besar terserang penyakit jantung daripada mereka yang tidak. Seorang pakar biologi di San Diego State University, Girish Melkani, mencari pola makan sehari-hari lalat buah agar teramati apakah waktu makan bisa berpengaruh terhadap kesehatan jantungnya.

Penelitian sejenis itu sering dipakai untuk mengidentifikasi pokok genetik dari keadaan kesehatan seseorang.
Sesudah tiga minggu, lalat yang mempuyai jadwal makan lebih tertib mempunyai pola tidur yang lebih baik. Mereka pun mempunyai peningkatan berat badan yang tidak terlampau signifikan dan mempunyai jantung yang lebih sehat.

Sebagaimana yang dilansir pada jurnal Science, Senin (16/3/2015), Melkani mengungkapkan bahwa waktu makan yang tertib menyodorkan manfaat pada kesehatan jantung dan berhubungan dengan problem obesitas. Pesan penelitian tersebut yaitu agar menurunkan rutinitas menunda waktu makan, khususnya di malam hari.

Telat Makan Atau Menunda Waktu Makan

Telat Makan Atau Menunda Waktu Makan

Bagaimana cantik dan para bunda sekalian? Sekarang kita telah sama-sama mengetahui bahwa ternyata waktu atau jam makan tidak boleh sampai ditunda, telat, atau bahkan tidak makan. Karena melalui kebiasaan tersebut ternyata dapat beresiko yang cukup parah terhadap kondisi kesehatan kita. Bukan hanya pada alat percernaan, namun juga pada alat-alat penting lainnya seperti yang telah di jelaskan pada uraian artikel di atas, bahwa telat makan atau sering menunda waktu makan ternyata juga berpengaruh pada kesehatan jantung serta dapat menimbulkan atau memicu tumbuhnya penyakit obesitas dalam tubuh kita. Untuk itu perlu kesadaran pada diri kita masing-masing untuk selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan kita beserta keluarga. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Semoga artikel mengenai dampak dan bahaya sering menunda waktu makan bagi kesehatan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita.

Label: BahayaDampakKesehatanMenunda Waktu MakanResikoTelat Makan efek menunda waktubahaya makan telatakibat sering telat makangambar telat makanakibat makan terhadap kesehatanmengapa makan tidak boleh ditundamenunda makan malamdampak sering telat makan pada sistem pencernaanefek makan ditundaefek makan selalu telatjurnal jadwal makan menurut kesehatansering menunda makanefek sering telat makandampak menunda waktuakibat makan ditunda

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Mari Kenali Bahaya & Efek Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

    Mari Kenali Bahaya & Efek Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

    8 Jul, 2017 - 0 KomentarTidur merupakan kebutuhan dimana sekaligus hal itu menjadi sinyal bahwa tubuh
  • Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Sembelit

    Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Sembelit

    22 Mei, 2017 - 0 KomentarApakah Anda sering mengalami sembelit atau konstipasi? Semua orang bisa terserang sembelit atau
  • Cara Mengatasi Gigi Berlubang

    Cara Mengatasi Gigi Berlubang

    20 Jul, 2017 - 0 KomentarAnda perlu menjaga kesehatan gigi, yaitu dengan mencegahnya agar tidak berlubang. Gigi yang
  • Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Wanita

    Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Wanita

    25 Apr, 2017 - 1 KomentarPernahkah Anda menganal tentang penyakit hernia? Penyakit hernia lebih banyak ditemukan menyerang
  • 6 Efek Samping Gula Yang Mengkhawatirkan Untuk Kesehatan

    6 Efek Samping Gula Yang Mengkhawatirkan Untuk Kesehatan

    24 Jul, 2017 - 0 KomentarTanpa terlalu mendramatisir keadaan, mari kita buka cakrawala ilmu pengetahuan kita lebih luas

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.