Ini Dia Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Bayi

Oleh | pada 30 Nov, 2016 | 0 Komentar

Pernahkah Anda mendengar bahwa bayi terkena penyakit hernia? Sangat menyedihkan, sangat disayangkan memang. Penyakit hernia yang umumnya terjadi oleh orang dewasa ternyata dapat menyerang pada balita bahkan bayi sejak ia dilahirkan. Hal ini dulu sangat jarang ditemukan, namun belakangan ini fakta mengenai bayi yang mengalami penyakit hernia semakin banyak ditemukan. Penyakit hernia adalah sebuah penyakit yang mengakibatkan adanya tonjolan pada bagian tubuh tertentu yang dilalui rongga. Penyakit hernia yang menyerang pada bayi biasanya terjadi karena sejak mereka masih berada di dalam kandungan yang kemudian berlanjut bertumbuh besar seiring pertumbuhannya. Atau bisa jadi penyakit ini dialami setelah dia lahir, mungkin mengalami suatu gangguan selama tumbuh kembangnya, sehingga bayi tersebut mengidap penyakit hernia.

Bayi

Bayi

Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Bayi

Penyakit hernia pada bayi yang paling banyak ditemukan adalah timbulnya lipatan pada bagian paha, atau daerah dekat dengan alat kelamin mereka. Lipatan di paha ini dapat merupakan dinding abdomen yang mengalami kelemahan alami dimana tidak mampu menahan bagian usus di atasnya, sehingga usus tersebut lama-kelamaan menurun hingga terbentuk sebuah benjolan atau tonjolan. Hal inilah yang menjadi tanda seseorang mengidap penyakit hernia.

Hingga saat ini sebagian besar mereka yang mengidap penyakit hernia melakukan pengobatan melalui jalur operasi. Namun disisi lain mungkin terdapat juga cara menangani penyakit ini misalnya melaui tindakan-tindakan alternatif seperti konsumsi obat herbal maupun melalui pijat. Hal yang lain yang dapat Anda lakukan untuk menutup lubang agar kembali seperti semula yaitu dengan menggunakan penahan yang dikhususkan untuk penyakit hernia agar lubang tersebut tidak mengalami pembesaran.

Hal yang menjadi penyebab timbulnya penyakit hernia khususnya pada bayi yaitu mereka yang mengalami kelemahan otot dinding perut sehingga tidak mampu menahan buah zakar sehingga mengakibatkan timbulnya benjolan atau tonjolan karena buah zakar di dalam perut tersebut turun atau berada tidak pada tempatnya. Lokasi timbulnya hernia bermacam-macam, bisa di bagian pusar, ulu hati, inguinal, dan femoral, namun yang sering ditemukan yaitu pada bagian lipatan paha atau daerah dekat alat kelamin.

Tindakan Pencegahan Penyakit Hernia Pada Bayi

Sebagai tindakan pencegahan, berilah bayi Anda asupan gizi yang seimbang, terutama pada pemberian ASI. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kekebalan tubuh bayi Anda. Selain dari ha-hal tersebut, akan lebih baik jika Anda secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap bayi Anda kepada dokter kepercayaan Anda. Sehingga apabila terjadi kesehatan yang mulai terganggu dapat segera diatasi sebelum terlambat.

Dapat menjadi fatal bukan jika kita tidak memiliki rasa peduli untuk menjaga kesehatan kita dan keluarga? Penyakit hernia mungkin masih dianggap sepele pada sebagian orang, namun kenyataannya penyakit ini cara pengobatan dan menanganinya yang paling ampuh, baik, dan cepat adalah melalui tindakan operasi, sehingga bukan lagi termasuk penyakit yang ringan. Apalagi jika penyakit hernia ini menyerang pada bayi, sangat menyedihkan bukan? Demikian artikel yang dapat saya bagikan untuk Anda. Semoga informasi di dalamnya bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita. 🙂

Label: BayiGejalaHerniaPencegahanPenyakitPenyebab ciri2 bayi terkena herniabenjolan uluhatiapa penyebab penyakit hernia.pada bayiapakah bayi bisa terkena penyakit herniabenjolan di ulu hati pada bayihernia pada bayibenjolan pada hati bayibenjolan pada hati balitabenjolan hati bayi baru lahirbenjolan hati bayibenjolan bagian hati anak anakbayi hernia sejak dalam kandunganpenyebab hernia pada bayipembesaran bagian hati bayi baru lahirbenjolan dekat uluhati bayi

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Wanita

    Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Wanita

    25 Apr, 2017 - 1 KomentarPernahkah Anda menganal tentang penyakit hernia? Penyakit hernia lebih banyak ditemukan menyerang
  • Gejala Dan Penyebaran Penyakit Herpes

    Gejala Dan Penyebaran Penyakit Herpes

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarHerpes merupakan salah satu jenis penyakit menular yang menyerang permukaan kulit.
  • Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 2

    Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 2

    22 Nov, 2016 - 0 KomentarVertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau itu
  • Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit Kista

    Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit Kista

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarKista merupakan penyakit yang super halus, rumit dan unik, sebab keberadaannya
  • Ini Dia Pemeran Bayi Matahari Dalam Teletubbies

    Ini Dia Pemeran Bayi Matahari Dalam Teletubbies

    12 Feb, 2017 - 0 KomentarMasih ingatkah Anda dengan sosok bayi kecil menggemaskan yang berperan sebagai bayi

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.