Gejala Dan Penyebaran Penyakit Herpes

Oleh | pada 31 Mar, 2017 | 0 Komentar

Herpes merupakan salah satu jenis penyakit menular yang menyerang permukaan kulit. Penyakit ini di akibatkan karena adanya infeksi virus yang bersarang pada kulit baik itu di peroleh dari eksogen maupun endogen. Penyakit herpes pada kulit tidak terlalu mengkhawatirkan, hal ini karena herpes diartikan sebagai radang pada kulit yang ditandai dengan terbentuknya gelembung-gelembung pada kulit secara berkelompok. Dimana gelembung-gelembung tersebut berisi air sekaligus dapat menular kepada orang lain. Selain itu, apabila bersentuhan dengan benda-benda yang kotor, kemungkinan penyakit herpes ini akan semakin menular. Sehingga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, penyakit herpes termasuk dalam salah satu kategori penyakit menular.

Penyakit Herpes

Penyakit Herpes

Jenis Penyakit Herpes

Terdapat dua jenis penyakit herpes yang dapat menyerang manusia. Yaitu herpes zoster dan herpes genitalis. Herpes zoster yakni jenis herpes yang menyerang pada kulit, sedangkan herpes genitalis merupakan herpes yang dapat masuk ke dalam alat kelamin. Seseorang yang mengalami herpes genitalis biasanya terdapat seperti jamur berwarna putih pada bagian kelamin atau daerah dekat kelamin, dimana lama-kelamaan akan menyebar jika tidak segera diobati. Penyakit herpes berdampak pada rasa gatal yang membuat penderitanya ingin sekali menggaruk bagian herpes tersebut.

Selain istilah herpes, mungkin Anda kenal dengan istilah herpes simpleks. Virus Herpes Simpleks adalah virus DNA yang dapat menyebabkan infeksi akut pada kulit yang ditandai dengan adanya vesikel yang berkelompok di atas kulit. Ada 2 tipe virus herpes simpleks yang sering menginfeksi yaitu : – HSV-Tipe I (Herpes Simplex Virus Type I) – HSV-Tipe II (Herpes Simplex Virus Type II) HSV-Tipe I biasanya menginfeksi daerah mulut dan wajah, sedangkan HSV-Tipe II biasanya menginfeksi daerah genital dan sekitar anus (Genital Herpes). HSV-1 itu menyebabkan munculnya gelembung berisi cairan pada mukosa mulut, wajah, atau daerah sekitar mata. HSV-2 atau herpes genital atau genitalis seperti yang teah disebutkan di atas. ditularkan melalui hubungan seksual dan menyebakan gelembung berisi cairan yang terasa nyeri pada membran mukosa alat kelamin. Infeksi dimana pada vagina terlihat seperti bercak dengan luka. Pada beberapa pasien mungkin muncul iritasi, penurunan tingkat kesadaran yang disertai pusing, kekuningan pada permukaan kulit (jaundice), serta mengalami kesulitan bernapas atau kejang. Lesi penyakit ini biasanya hilang dalam 2 minggu. infeksi .

Gejala Dan Penyebaran Penyakit Herpes

Gejala yang timbul jika seseorang terkena penyakit herves atau HSV meliputi rasa nyeri, inflamasi dan kemerahan pada kulit (eritema) dan diikuti dengan pembentukan gelembung-gelembung yang berisi cairan. Cairan yang tidak berwarna/bening tersebut selanjutnya dapat berkembang menjadi nanah, diikuti itu dengan pembentukan keropeng atau kerak (scab). Sedangkan pembungkus cairan tersebut berasal dari selaput inti sel yang terinfeksi. Pembungkus tersebut mengandung lipid, karbohidrat, dan protein. Siklus pertumbuhan HSV berlangsung dengan cepat, yaitu memakan waktu sekitar 8-16 jam. Pada herpes jenis zoster dapat terjadi selama berciuman, atau dengan memakan atau meminum dari perkakas yang terkontaminasi. Sedangkan pada herpes genitalis dapat terjadi melalui transmisi selama seks oral-genital. Dimana virus ditransmisikan melalui sekresi dari oral atau mukosa (kulit) genital, biasanya tempat infeksi pada laki-laki terdapat pada bagian batang dan kepala penis, skrotum, paha bagian dalam, serta anus. Sedangkan pada wanita biasanya terjadi pada labia, vagina, serviks, anus, serta paha bagian dalam.

Bagaimana cantik setelah Anda mngetahui bagaimana bahayanya penyakit herpes? Sekarang kita sama-sama tahu gejala, penyebab, penyebaran, serta bahaya penyakit herpes. Semoga setelah membaca artikel ini kita dapat lebih waspada terhadap pencegahan penyakit herpes dan penyakit lainnya. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita.

Label: BibirHerpesHerpes genitalisHerpes SimpleksHerpes zosterKelaminKulitMulutPenyakit wordpress installationvertigo pesebaranpenyebaran penyakit herpesmodel penyakit herpesmakan santan bagi penderita herveskulit vagina berwarna putih seperti santandaerah sekitar mata terkena hervespenyebaran penyajit vertigo beserta penderitapersebaran vertigopenyebab penyakit herpespenyebaran herpeshubungan penyekit herpes dengan kejangpenyakit hervesmedia penyebaran penyakit herpes sosterenyebarnya penyakit herpes

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 2

    Mengenal Penyakit Vertigo & Gejalanya - Part 2

    22 Nov, 2016 - 0 KomentarVertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau itu
  • Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Wanita

    Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Wanita

    25 Apr, 2017 - 1 KomentarPernahkah Anda menganal tentang penyakit hernia? Penyakit hernia lebih banyak ditemukan menyerang
  • Ini Dia Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Bayi

    Ini Dia Penyebab Dan Gejala Penyakit Hernia Pada Bayi

    30 Nov, 2016 - 0 KomentarPernahkah Anda mendengar bahwa bayi terkena penyakit hernia? Sangat menyedihkan, sangat disayangkan
  • Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit Kista

    Mengenal Penyebab & Gejala Penyakit Kista

    9 Jun, 2017 - 0 KomentarKista merupakan penyakit yang super halus, rumit dan unik, sebab keberadaannya
  • 8 Indikator Ini Menjadi Tanda Tubuh Anda Tidak Sehat

    8 Indikator Ini Menjadi Tanda Tubuh Anda Tidak Sehat

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarKetika tubuh Anda dalam kondisi tidak fit, umumnya akan terdapat berbagai tanda. Akan tetapi,

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.