Fakta Unik Minyak Kelapa Sebagai Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

Oleh Riyana Dwi Lestari

Minyak kelapa merupakan minyak yang dibuat dari bahan baku kelapa yang diolah melalui pemanasan atau dimasak sedemikian rupa sehingga menghasilkan minyak. Minyak kelapa mayoritas tidak mengandung bahan kimia. Banyak sekali manfaat yang terkandung didalam minyak kelapa. Selain digunakan sebagai campuran dalam memasak, minyak kelapa juga kerap kali digunakan sebagai kecantikan terutama untuk rambut. Namun, ternyata ada fakta lain yang berkaitan dengan tips menurunkan berat badan. Meski banyak berbagai tips untuk menurunkan berat badan, minyak kelapa ternyata menyimpan manfaat tersebut didalamnya. Wah bagaimana ya ladies?

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Bagaimana Minyak Kelapa Dapat Digunakan Sebagai Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan?

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara minyak kelapa dan penurunan berat badan, sebagian besar diantaranya menemukan fakta bahwa minyak kelapa dapat membuat Anda kenyang, meningkatkan metabolisme, serta dapat menghancurkan lemak khususnya di bagian perut. Mari kupas fakta tersebut satu per satu.

1. Minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme

Menurut penelitian, jenis minyak MCT seperti minyak kelapa dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dalam sehari, tentunya hal ini dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Sebuah penelitian lain juga menemukan fakta bahwa apabila Anda mengkonsumsi jangka panjang jenis minyak kelapa ini berkhasiat dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan diet. Serta lebih baik dibandingkan dengan minyak lainnya yang dapat menimbun lemak dalam jangka panjang seperti misalnya minyak zaitun, minyak kedelai, atau minyak alpukat. Namun konsumsinya tetap harus diperhatikan ya ladies, tidak perlu berlebihan tentunya.

2. Minyak kelapa membuat Anda kenyang

Minyak kelapa ternyata dapat memuaskan rasa lapar untuk waktu yang lebih lama dibandingkan dengan jenis lemak lainnya. Sebuah penelitian kecil juga menemukan fakta bahwa mengonsumsi minyak kelapa murni setiap hari dapat meningkatkan kolesterol lipoprotein (HDL), dimana kolesterol tersebut merupakan kolesterol yang baik untuk meningkatkan rasa kenyang. Namun apabila Anda mengkonsumsi secara berlebihan, dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan jantung Anda, jadi cukup seperlunya saja.

3. Minyak kelapa dapat menghancurkan lemak di perut

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi minyak kelapa dapat membakar lemak, terutama lemak perut, yang berbahaya bagi jantung Anda. Tetapi sekali lagi, perhatikan takaran konsumsinya setiap hari, karena apabila berlebihan dapat memberikan tambahan timbunan lemak jenuh didalam tubuh Anda.

Tips dalam Mengkonsumsi Minyak Kelapa Agar Aman untuk Kesehatan

Apapun jenis makanan atau minuman atau vitamin atau suplemen dan lainnya apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sedang dan wajar tentunya akan baik-baik saja. Berkaitan dengan minyak kelapa ini, kita pun harus mengetahui benar hal apa saja yang perlu kita perhatikan agar aman dalam mengkonsumsinya, mengingat bahwa minyak kelapa tentunya mengandung lemak jenuh ya ladies. Yuk kita simak tipsnya dibawah ini.

1. Pilihlah jenis minyak kelapa yang tepat

Beberapa penelitan merekomendasikan untuk menggunakan minyak kelapa murni organik, yang tidak disuling atau dijernihkan, atau dimurnikan. Dimana minyak kelapa jenis tersebut tidak terlalu banyak mengalami berbagai macam pengolahan atau campuran bahan kimia. Namun, apabila Anda tidak kuat dengan aroma yang tajam dari minyak kelapa organik tersebut, Anda dapat memilij jenis minyak kelapa yang lebih halus, boleh pilih yang disuling atau dimurnikan, tetapi pastikan proses tersebut dilakukan menggunakan uap, bukan pemurnian yang menggunakan bahan kimia ya ladies.

2. Anda dapat menggunakannya untuk memasak

Bukan hanya dikonsumsi langsung, minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng, minyak sayur, mentega/margarin, minyak zaitun yang biasanya Anda gunakan untuk memasak. Hal ini tentunya sah-sah saja ya ladies.

3. Tambahkan pada menu salad

Menurut penelitian, minyak kelapa cair juga dapat ditambahkan ke resep salad atau mayones buatan sendiri untuk membantu pencernaan dan memaksimalkan penyerapan nutrisi didalam tubuh. Tentunya tidak perlu berlebihan jumlahnya.

4. Sebagai campuran dalam memasak nasi

Menambahkan satu sendok teh minyak kelapa ke dalam air mendidih untuk menanak nasi ternyata dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh Anda hingga 50-60 %. Hal ini tentunya sangat bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Menakjubkan sekali ya ladies? Tidak kita sangka ternyata didalam minyak kelapa sangat banyak menfaat untuk tubuh kita, terutama dapat dijadikan sebagai tips atau cara yang ampuh untuk diet menurunkan berat badan. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terima kasih telah berkunjung di medianita. 🙂

Label: AlamiAmanAmpuhCaraDietKesehatanManfaatMenurunkan Berat BadanMinyak KelapaPelangsingSehatTips

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • 10 Cemilan Sebagai Cara Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

    10 Cemilan Sebagai Cara Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

    30 Apr, 2019 - 0 KomentarCemilan dapat menjadi sebuah alat untuk membantu menurunkan berat badan. Ketika Anda mengkonsumsi
  • Tips Pola Makan Paling Ampuh Untuk Melangsingkan Perut Pria

    Tips Pola Makan Paling Ampuh Untuk Melangsingkan Perut Pria

    30 Apr, 2019 - 2 KomentarBertambahnya umur manusia maka akan banyak pria yang perutnya semakin buncit dan sebelum
  • Tips Diet Sederhana Efektif & Cepat Menurunkan Berat Badan

    Tips Diet Sederhana Efektif & Cepat Menurunkan Berat Badan

    30 Apr, 2019 - 1 KomentarMerasa mengalami masalah dengan berat badan Anda? lalu ingin menurunkannya namun ingin melakukannya
  • 9 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah

    9 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah

    7 Feb, 2019 - 0 KomentarBerat badan merupakan bagian tubuh yang sangat berpengaruh pada penampilan, terutama bagi kaum
  • 10 Fakta & Hal Unik Mengenai Wanita dan Pria Wajib Tau

    10 Fakta & Hal Unik Mengenai Wanita dan Pria Wajib Tau

    18 Des, 2018 - 0 KomentarBagaimana pendapat Anda mengenai wanita? Benar ga sih ladies bahwa kita itu aneh? Benar ga sih

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2019Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.