Fakta Menarik Model Baju Crop Top Fashion Baju Ala Korea

Oleh Riyana Dwi Lestari

Crop Top merupakan salah satu model baju atasan dalam sejarah fashion yang tak lekang oleh waktu. Bahkan sebelum tahun era 90’n jenis baju crop top sudah ada, bukan hanya dipakai oleh wanita saja, namun juga dipakai oleh para pria. Model baju crop top memperlihat bagian perut ketika dipakai, dimana baju crop top mayoritas cenderung pendek diatas tali pusar. Terwujudnya baju crop top tentu tidak serta merta langsung mudah diterima di berbagai negara. Khususnya di Barat, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan diantaranya karena iklim yang lebih dingin, adanya aturan berpakaian yang terkenal puritan dalam sejarah mode Barat. Sehingga butuh waktu cukup lama baju model crop top dapat diterima di negara Barat khususnya.

Fakta Menarik Model Baju Crop Top Fashion Baju Ala Korea

Fakta Menarik Model Baju Crop Top Fashion Baju Ala Korea

Akan tetapi, di beberapa negara bagian Timur berbeda dengan negara Barat. Seperti yang kita ketahui bahwa di negara bagian Timur pada umumnya cuacanya lebih hangat. Contohnya di India, pakaian sari tradisional India bahkan mengenakan pakaian atasan wanita yang pendek pada bagian perut. Gaya berpakaian tersebut sudah ada sejak ratusan tahun yang lampau, bahkan masih diterapkan hingga saat ini. Selain itu, pakaian tari perut yang memperlihatkan perut juga berasal dari negara bagian Timur.

Sejarah Model Baju Crop Top

Baju model crop top memang sangat menarik. Walaupun memakan waktu bertahun-tahun untuk dapat diterima oleh para penduduk Barat, dengan berbagai macam spekulasi seperti dianggap terlalu “eksotis” dan terbuka jika dimasukkan dalam mode fashion mereka, namun akhirnya dapat masuk ke negara Barat dalam kurun waktu puluhan tahun kemudian sejak mode fashion ini muncul.

Salah satu peristiwa sejarah yang membantu meluasnya model baju crop top yaitu pada Tahun 1940-an, selama terjadinya Perang Dunia II, banyak barang yang dijatah, salah satunya adalah kain. Hal tersebut berarti desain pakaian harus lebih kreatif untuk menghemat bahan baku. Para desainer memanfaatkan kesempatan tersebut salah satunya dengan cara membuat mode fashion memotong sedikit bagian bawah (sekitar perut) pada kemeja namun tetap terlihat modis. Namun, seperti kebanyak munculnya trend fashion baru, tentunya masih banyak orang yang belum bisa menerima keberadaan crop top dengan sambutan yang baik. Sebagian dari mereka masih menganggap gaya baju tersebut terlalu terbuka.

Namun tak sedikit pula masyarakat yang dapat menerima kehadiran trend baru tersebut. Sepanjang Tahun 1950-an model gaya crop top dapat bertahan, mulai dari model kemeja yang dipakai dengan mengikat tali depan sehingga bagian perut sedikit terbuka.

Masa Kejayaan Crop Top

Contoh Baju Model Crop Top

Contoh Baju Model Crop Top

Pada akhir Tahun 1970-an, crop top muncul kembali dengan gaya yang lebih bervariasi. Crop top menjadi simbol seks glamor, dikenakan oleh beberapa ikon budaya pop seperti Cher. Tahun bertambah semakin maju, semakin berkembang pula kemajuan crop top. Popularitasnya semakin berkembang, dan berhasil menjadi trend fashion yang kita kenal dan kita cintai.

Dua dekade berikutnya pada tahun 1980-an menjadi tahun keemasan untuk perkembangan crop top. Crop top sering muncul di acara-acara hiburan yang besar. Pada tahun 1990-an, crop top pun terus berkembang menonjolkan budaya pop. Baju crop top banyak dikenakan oleh para artis Barat untuk acara musik dan di televisi.

Pada Tahun 2000-an, crop top kembali memasuki trend fashion dunia. Crop top berhasil menjadi gaya fashion yang banyak diminati di berbagai negara. Bahkan di era modern akhir-akhir ini fashion Korea pun marak menggunakan baju model crop top. Kehadirannya semakin bervariasi dan terlihat sangat cantik dikenakan, sehingga crop top Korean style mampu meracuni fashion berbagai negara termasuk di Indonesia. Berbagai macam model baju crop top ala fashion Korea banyak digemari para wanita dari usia remaja hingga dewasa. Bagi yang mau berbagi informasi dapat berikan komentar dibawah ya. Terima kasih telah mengunjungi Media Wanita.

Crop TopKoreaSejarahTrend Fashion

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.