Cara Tepat Mendidik Anak Agar Anak Pintar

Oleh Riyana Dwi Lestari

Membesarkan anak tentu bukan hanya memberi anak nutrisi dan kebutuhannya hingga ia dewasa. Membesarkan anak meliputi banyak hal seperti memberikan penghidupan yang layak, memberikan kebutuhan sehari-hari, memberikan hak-haknya, mendidiknya, dan lain-lain. Setiap orang tua mungkin akan berhasil memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan fisik para anak. Namun dalam hal mendidik, setiap keluarga memiliki tujuan, kriteria, dan cara masing-masing.

Mendidik Anak Agar Anak Pintar

Mendidik Anak Agar Anak Pintar

Pada setiap keluarga, didikan terhadap anak berbeda-beda. Namun sebagian besar ada beberapa keinginan atau tujuan orang tua kepada anaknya seperti bagaimana melatih anak agar mandiri, melatih anak menjadi pribadi yang peduli sesama, melatih anak agar bertanggung jawab, mengenalkan agama kepada anak, mendidik anak agar cerdas, mendidik anak sesuai kodratnya, dan lain sebagainya. Untuk urusan dunia, secara umum orang tua menginginkan anaknya menjadi anak yang pintar dan cerdas. Nah, bagaimana caranya supaya anak kita menjadi anak yang pintar dan cerdas? Berikut ini tipsnya.

1. Perkenalkan pada anak untuk rajin belajar di rumah

Dampingi dan ajarkan anak Anda belajar di rumah setiap hari. Sekalipun anak Anda masih balita belum sekolah. Anda dapat mengajarkan anak mulai dari membaca bersama. Membaca membantu mengembangkan keterampilan komunikasi, kosa kata, dan tata bahasa. Selain itu, membaca membantu anak-anak belajar lebih banyak tentang dunia, sehingga memperluas cakrawala mereka. Membaca adalah salah satu cara paling penting untuk membesarkan dan mengasuh anak yang cerdas. Usahakan untuk membaca dengan anak Anda setiap hari diusianya sedini mungkin. Jika anak sudah dapat berkomunikasi, ajak anak untuk berdiskusi dengan yang Anda baca.

2. Atur waktu dan jenis tontonan acara televisi untuk anak Anda

Meski televisi sah-sah saja untuk ditayangkan kepada anak, namun hal ini tetap perlu diperhatikan. Terlalu sering membiarkan anak menonton televisi membuat Anda kurang aktif mendidik atau mengajak anak Anda melakukan hal lain yang lebih bermanfaat agar dia pintar. Biasakan untuk mengatur jadwal anak untuk menonton tv, serta dampingi anak saat menonton tv agar tontonan yang diliat adalah tontonan yang sehat. Anak balita sebaiknya tidak boleh lebih dari 2 jam dalam sehari untuk menonton tv. Pilihlah tayangan yang edukatif untuk tetap melatih keaktifan anak Anda.

3. Pilihlah mainan edukasi yang merangsang otak anak

Anak tentunya tidak lepas dari bermain ya. Namun hal ini tak lantas membuat Anda lengah untuk memberikan anak Anda mainan sembarangan. Mainan untuk anak sebaiknya adalah mainan yang dapat merangsang perkembangan otak. Contohnya seperti puzzle, lego, papan tulis gambar, dan lain sebagainya.

4. Kenali minat dan bakan anak Anda

Sebagai orang tua, membesarkan anak menjadi cerdas kita perlu mengetahui bakat dan minat yang ada dalam diri anak. Peliharalah dan kembangkan semaksimal mungkin. Setelah Anda mengetahui minat anak, Anda harus berusaha untuk mengembangkannya dengan membimbing, mengarahkan, memberikan dukungan positif seperti memberikan hal-hal yang bersifat mendorong anak untuk lebih berkembang terkait minatnya.

5. Merangsang rasa haus anak akan pengetahuan

Ketika anak mulai pada usia sekolah, daftarkan anak Anda pada sekolah terbaik untuk kemampuannya. Memilih sekolah untuk anak tentunya harus dipertimbangkan atas beberapa hal yang penting demi terwujudnya anak menjadi anak yang cerdas. Setelah anak sudah dimasukkan ke sekolah, sebagai orang tua juga harus aktif mengetahui kegiatan dan pembelajaran anak di sekolah. Jangan sungkan untuk berkomunikasi dengan guru atau pihak sekolah anak Anda. Konsultasikan dengan sopan kepada guru misalnya tentang bagaimana Anda harus membimbingnya dirumah demi anak lebih semangat dan rajin untuk belajar. Bila perlu, tambahkan kegiatan ekstrakulikuler untuk anak Anda agar bakatnya semakin berkembang.

Berikut tadi tips parenting mengenai cara mendidik anak agar menjadi anak pintar dan cerdas. Jangan patah semangat dan terus sabar ya bunda dan ayah untuk membimbing anak-anak Anda. Semoga artikel pendidikan ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Label: AgarAnakArtikelCaraCerdasMembesarkanMembimbingMendidikMengasuhParentingPendidikanPintarSupayaTips

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Cara Tepat Mengajarkan Anak Untuk Berpuasa

    Cara Tepat Mengajarkan Anak Untuk Berpuasa

    7 Apr, 2020 - 0 KomentarPuasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan
  • Ini Bahayanya Memberi  Vitamin ke Anak Tanpa Konsultasi Dokter

    Ini Bahayanya Memberi Vitamin ke Anak Tanpa Konsultasi Dokter

    19 Apr, 2019 - 0 KomentarKerap kali dengan maksud mencukupi keperluan nutrisi anak, orang tua malah memberikan suplemen
  • Tips Bijak dan Tepat Belanja Perlengkapan Bayi Baru Lahir

    Tips Bijak dan Tepat Belanja Perlengkapan Bayi Baru Lahir

    28 Apr, 2020 - 0 KomentarSebentar lagi bayi yang Anda kandung akan lahir? Wah sungguh membahagiakan tentunya! Ini waktunya
  • Tips Bijak Melatih Anak Agar Bertanggung Jawab

    Tips Bijak Melatih Anak Agar Bertanggung Jawab

    19 Mar, 2020 - 0 KomentarSetiap anak memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Anak dapat berperilaku apa saja, bahkan
  • 25 Model Sanggul Modern Anak Paling Cantik & Menginspirasi

    25 Model Sanggul Modern Anak Paling Cantik & Menginspirasi

    3 Jan, 2019 - 0 KomentarTatanan rambut sanggul memang berhasil bertahan menjadi gaya rambut yang abadi untuk dipilih saat

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2020Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.