Cara Merawat Rambut Menggunakan Bahan-bahan Alami

Oleh Riyana Dwi Lestari

Membahas kecantikan wanita memang tidak ada habisnya. Segala aspek perlu diperhatikan. Bukan hanya wajah dan tubuh, rambut pun perlu diperhatikan kesehatannya. Mungkin diantara kita ada yang malas untuk melakukan perawatan rambut ke salon atau tempat-tempat kecantikan lainnya. Nah berikut ini Media Wanita bagikan beberapa resepnya.

Merawat Kesehatan Rambut

Merawat Kesehatan Rambut

Tips dan Cara Merawat Rambut dengan Bahan Alami

Memperbaiki Rambut Kering dengan Sari Cuka Apel

Sari Cuka Apel

Sari Cuka Apel

Cuka apel dapat berfungsi untuk melembabkan setiap helai rambut yang kering, serta mengandung vitamin E yang tentunya baik untuk kesehatan rambut. Anda dapat mencampurkan alpukat, cuka apel, minyak argan, minyak esensial rosemary, blender secara merata. Kemudian oleskan pada seluruh bagian rambut secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan dengan keramas.

Merawat Rambut Menggunakan Telur

Telur

Telur

Sudah tahukah ladies semua? Ternyata kuning telur kaya akan lemak dan protein yang secara alami dapat melembabkan rambut. Sedangkan putih telur berkhasiat untuk mengurangi minyak berlebih pada rambut. Untuk rambut kering, Anda dapat menggunakan kuning telur sebagai masker rambut alami. Sedangkan untuk rambut berminyak, Anda dapat menggunakan putih telur.

Memperbaiki Rambut Rusak Menggunakan Susu

Krim Susu

Krim Susu

Berbagai macam produk yang berfungsi sebagai penataan rambut serta adanya polusi udara dapat berdampak buruk pada kesehatan rambut, salah satunya yaitu kerusakan seperti kusam, kering dan tidak berkilau. Namun Anda tidak perlu khawatir ladies, berbagai macam produk susu, termasuk krim dan yogurt dapat memperbaiki kerusakan-kerusakan tersebut. Kandungan lemak pada susu dapat melembabkan rambut, sedangkan kandungan asam laktat dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang mengakibatkan kerusakan pada rambut. Oleskan yogurt atau produk krim susu pada rambut Anda sembari dipijat agar lebih meresap, lalu diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

Mengatasi Rambut Gatal dan Kering Menggunakan Lemon

Lemon

Lemon

Jika Anda mengalami gatal pada rambut atau kering, Anda dapat mengaplikasikan campuran bahan berupa perasan atau jus buah lemon dan minyak zaitun. Keasaman dalam jus lemon membantu membersihkan kulit kepala Anda dari rasa gatal. Sedangkan minyak zaitun dapat melembabkan rambut.

Mengembalikan Kesehatan Rambut Akibat Sinar Matahari dengan Madu

Madu

Madu

Paparan sinar matahari memang bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Jika rambut Anda terlalu sering terkena sinar matahari langsung dan kurang untuk dirawat kesehatannya, maka rambut akan mudah kering dan rusak. Madu merupakan humektan alami yang dapat memberikan dan mengunci kelambaban pada rambut. Pijat madu secukupnya pada rambut yang sudah bersih, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun agar semakin mudah mengaplikasikan madu ke dalam rambut.

Melembutkan Rambut Menggunakan Buah Alpukat

Buah Alpukat

Buah Alpukat

Buah alpukat kaya akan antioksidan, asam lemak esensial, biotin, dan vitamin A dan E, sehingga memiliki kombinasi nutrisi terbaik untuk menghaluskan dan melembutkan rambut tentunya agar rambut mudah diatur. Untuk menggunakannya, Anda dapat menghaluskan 1/2 bagian alpukat, lalu aplikasikan pada seluruh bagian rambut sambil dipijat, diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Mengembalikan Kilau Rambut Menggunakan Baking Soda

Baking Soda

Baking Soda

Wah, bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kue ternyata bermanfaat bagi rambut lho ladies. Zat sodium bikarbonat yang terkandung didalam baking soda ternyata mampu membuat rambut berkilau dan menghilangkan minyak yang berlebih. Untuk menggunakannya, Anda dapat mencampurkan 1 hingga 2 sendok makan baking soda dengan sedikit air sampai terbentuk pasta kental. Pijat ke rambut yang basah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air, lalu keramas.

Gunakan Minyak Kelapa Untuk Menguatkan Rambut

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu produk paling serbaguna di dunia. Anda dapat menggunakannya untuk memasak, membersihkan, dan merawat rambut Anda. Menurut penelitian, asam laurat yang terkandung pada minyak kelapa membuat minyak kelapa lebih mudah diserap ke batang rambut, sehingga sangat bagus untuk mengurangi kerusakan rambut akibat kekurangan zat protein maupun akibat paparan sinar matahari atau perawatan kimia. Pijat rambut dengan kurang lebih 2 sendok makan minyak kelapa dari akar hingga ke ujung rambut. Diamkan selama 10 menit, kemudian keramas dengan shampoo dan jangan luma menggunakan conditioner.

Bagaimana ladies? Sekarang tidak perlu biaya mahal tentunya untuk selalu memaksimalkan kesehatan rambut Anda. Hanya dengan bahan-bahan alami di sekitar Anda, rambut dapat sehat, lembab, dan berkilau. Semoga bahan-bahan tersebut dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk perawatan rambut secara alami.

Label: AlamiAlpukatBahanBaking SodaBerkilauBerminyakCaraCuka ApelKeringLemonMaduMelembabkanMelembutkanMenguatkanMerawatMinyak KelapaPerawatanRambutSusuTelurTipsYogurt

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Tips Membuat Kondisioner Untuk Rambut Rusak Paling Efektif

    Tips Membuat Kondisioner Untuk Rambut Rusak Paling Efektif

    7 Feb, 2019 - 1 KomentarRambut panjang, tebal, dan berkilau merupakan simbol kesehatan dari rambut Anda. Ketika Anda justru
  • Bahan-bahan yang Digunakan Sebagai Masker Alami Perawatan Kulit

    Bahan-bahan yang Digunakan Sebagai Masker Alami Perawatan Kulit

    13 Mei, 2019 - 0 KomentarKulit yang bersih dan sehat tentunya tidak terlepas dari bagaimana cara kita untuk menjaga dan
  • 6 Produk Kecantikan Alami Hemat Biaya

    6 Produk Kecantikan Alami Hemat Biaya

    9 Jan, 2019 - 1 KomentarMerawat kecantikan dan penampilan bagi wanita mau tidak mau menjadi sebuah keharusan. Sebagai
  • Tips Cara Facial Wajah dengan Baik & Benar yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

    Tips Cara Facial Wajah dengan Baik & Benar yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

    7 Feb, 2019 - 0 KomentarMemiliki kulit putih dan bercahaya cerah, terlihat segar sempurna merupakan impian dari kebanyakan
  • Cara Menghilangkan Selulit

    Cara Menghilangkan Selulit

    18 Nov, 2018 - 0 KomentarSelulit merupakan hal yang terkadang menjadi masalah besar bagi mereka yang mengalaminya. Namun

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2019Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.