Cara Menghilangkan Jerawat Ampuh Cepat dan Alami

Oleh Riyana Dwi Lestari

Tidak perduli berapa usia Anda atau jenis kulit Anda, munculnya jerawat sangatlah mengganggu. Terlebih lagi jika jerawat muncul disaat yang tidak tepat, tentu hal tersebut dapat memicu emosi Anda. Misalnya ketika akan ada acara-acara penting, pesta, rapat, dan sebagainya, kemudian jerawat muncul sehari sebelum acara tersebut dilaksanakan, tentu Anda akan melakukan berbagai cara untuk menutupinya. Salah satu cara yang banyak digunakan (khususnya pada wanita) yaitu menutupi jerawat menggunakan concealer disaat makeup. Jerawat memang sangat mungkin terjadi pada wanita maupun perempuan. Bahkan jenisnya pun beragam, seperti ada jerawat pasir, jerawat batu, dan lainnya. Agar kita lebih memahami semua informasi mengenai jerawat, simak pembahasan artikel lebih dalam dibawah ini.

Daftar isi:

  1. Bagaimana jerawat terbentuk?
  2. Penyebab munculnya jerawat
  3. Bagaimana mencegah terjadinya jerawat?
  4. Cara cepat menghilangkan jerawat secara alami

Bagaimana bisa muncul jerawat

Munculnya Jerawat Pada Wajah

Munculnya jerawat pada wajah

Hal mendasar yang harus kita ketahui adalah bagaimana sebenarnya jerawat bisa muncul di tubuh kita. Didalam permukaan kulit terdapat kelenjar sebasea (sebaceous) yang merupakan kelenjar dipermukaan tubuh kecuali telapak tangan. Kelenjar sebasea bertugas menghasilkan sebum atau minyak di kulit yang berukuran sangat kecil. Ketika kelenjar sebasea kelebihan sebum, kemudian menyumbat kelenjar, maka terjadilah jerawat. Dimana jerawat tersebut dapat muncul diberbagai bagian tubuh. Contohnya jerawat di pipi, jerawat di dahi, jerawat di dagu, jerawat di hidung, jerawat di telinga, bahkan jerawat di punggung.

Hal-hal yang menyebabkan jerawat

Ada berbagai alasan atau penyebab timbulnya jerawat. Meski biasanya pada sebagian orang dikarenakan oleh alasan medis, faktor hormon, serta gaya hidup. Berikut ini hal-hal lain yang dapat menyebabkan jerawat :

  • Obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi bisa menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat.
  • Penggunaan produk kecantikan (makeup), produk perawatan kulit (skincare) yang kurang cocok dengan kulit Anda.
  • Tidak displin untuk rajin membersihkan wajah terutama setelah merias wajah (makeup), bepergian, dan sebelum tidur.
  • Terjadi perubahan hormon pada masa tertentu seperti pubertas, hamil, dan sebagainya.
  • Kondisi medis seperti PCOD juga dapat menyebabkan jerawat.
  • Diet dengan kandungan gula rafinasi, garam, dan karbohidrat yang tinggi juga dapat menyebabkan jerawat.

Cara mencegah jerawat

Naluri pertama yang terlintas pada mayoritas orang ketika mereka melihat adanya jerawat di wajah atau bagian tubuh lainnya yaitu memencet, mencubit, dan menekannya untuk mengeluarkan jerawat. Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Berikut ini adalah tindakan yang sebaiknya Anda lakukan sebagai langkah pencegahan munculnya jerawat.

  • Lakukan perawatan kulit secara rutinitas, dan pastikan pembersih, pelembab wajah serta sunscreens yang memadai.
  • Hindari produk berbahan dasar minyak, karena dapat memperburuk kondisi kulit Anda.
  • Selalu jaga kebersihan tangan ketika akan menyentuh wajah.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat

Bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Tidak perlu panik jika jerawat muncul di wajah atau bagian tubuh lainnya. Berikut ini beberapa bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai obat jerawat. Terutama jika Anda akan menghadiri acara-acara penting dalam waktu dekat, cara ini dapat mengurangi benjolan jerawat di wajah sehingga makeup akan lebih mudah diaplikasikan.

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh terkenal dengan sifat antibakterinya. Larutkan 2 tetes minyak pohon teh dengan beberapa tetes minyak kelapa, lalu oleskan pada jerawat. Diamkan selama beberapa jam agar bahan meresap kedalam kulit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan paling terkemuka di dunia perawatan kulit. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki efek menenangkan, menyegarkan, dan memiliki banyak manfaat lainnya. Anda dapat mengaplikasikan gel lidah buaya murni pada jerawat, lalu biarkan semalam. Cara ini berfungsi untuk mengurangi peradangan dan benjolan pada jerawat Anda.

3. Madu

Madu dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bahkan didalam madu juga mengandung sifat antibakteri sehingga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan jerawat. Oleskan madu pada bagian yang terkena jerawat, lalu diamkan semalaman, bersihkan dipagi hari.

4. Es batu

Bungkus es batu dengan kain halus, lalu letakkan diatas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 20 detik, angkat, lalu ulangi. Jangan aplikasikan es batu langsung tanpa lapisan perantara. Anda dapat mengulangi cara ini dua kali sehari. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan yang disebabkan adanya jerawat.

5. Teh hijau

Seduh sekantong teh hijau dengan air mendidih, setelah beberapa menit, angkat dan biarkan dingin. Setelah benar-benar dingin, letakkan di atas jerawat selama beberapa menit. Sifat anti-inflamasinya dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat Anda.

Demikian beberapa hal penting yang berkaitan dengan jerawat. Adakah hal yang masih belum Anda pahami dari artikel diatas? Anda dapat menambah wawasan lain mengenai jerawat melalui artikel tips terbaik menghilangkan jerawat yang kami terbitkan di Media Wanita.

AlamiCaraCepatJerawatMencegahMenghilangkanSecara

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.