Cara Mengatasi dan Mengobati Perut Kembung

Oleh Riyana Dwi Lestari

Perut kembung atau perut begah adalah kondisi dimana perut terasa penuh yang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Seseorang yang mengalami perut kembung biasanya perut terlihat membesar, mereka akan sering bersendawa atau kentut. Penyebab perut kembung diantaranya karena makan terlalu banyak atau terlalu cepat, konsumsi minuman alkohol atau bersoda, sering mengonsumsi makanan berlemak, sembelit, dan lainnya. Bukan hanya masyarakat umum, perut kembung saat hamil juga kadang terjadi. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai penyembuhan untuk perut kembung.

Cara Mengatasi dan Mengobati Perut Kembung

Cara Mengatasi dan Mengobati Perut Kembung

Perut Kembung

1. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Makanan dengan kadar karbohidrat tinggi dapat memicu semakin sering Anda membuang gas (kentut). Selain itu, karbohidrat yang tinggi juga berpotensi menjadi makanan bagi bakteri yang tumbuh didalam usus. Anda dapat memilih makanan dengan kandungan karbohidrat yang tidak terlalu tinggi seperti kentang, wortel, kacang-kacangan, dan jagung. Sedangkan agar kentut Anda tidak berbau, kurangi konsumsi lauk hewani ya.

2. Makan dengan pelan dan jangan berlebihan

Makanlah lebih lambat. Makan dengan cepat menyebabkan Anda menelan lebih banyak udara. Semakin banyak udara yang Anda telan, semakin banyak gas yang dihasilkan oleh tubuh Anda. Anda dapat menghindari banyak gas berlebih dengan memperlambat makan. Dalam aturan pun, dalam satu suap makanan dianjurkan dikunyah sebanyak 32 gigitan. Lalu, makanlah dengan porsi yang secukupnya, tidak perlu berlebihan terlalu banyak. Semakin banyak makanan yang Anda konsumsi, semakin lama tubuh Anda mencernanya dan semakin banyak gas yang dihasilkan tubuh Anda. Dengan lebih sedikit makanan didalam perut, secara alami maka lebih sedikit pula gas didalamnya.

3. Rajin berolahraga

Mayoritas penyakit bisa sembuh dengan pola hidup yang lebih sehat salah satunya melalui olahraga. Dalam sakit kembung ini, olahraga memberikan manfaat meningkatkan seberapa cepat tubuh Anda mencerna makanan dan membantu meningkatkan metabolisme Anda. Tidak perlu olahraga yang ekstrim, jalan-jalan sehat pun sangat berkhasiat untuk menyembuhkan perut yang kembung. Karena berjalan dapat membantu memperlancar saluran pencernaan Anda.

4. Pergi ke dokter dan konsumsi obat

Mungkin beberapa dari Anda ada yang memiliki obat yang cocok untuk perut kembung yang biasa Anda konsumsi, tidak ada salahnya Anda konsumsi. Contohnya seperti Mylanta. Mylanta adalah produk yang mengandung simetikon, obat yang dapat melarutkan gelembung gas. Manfaatnya untuk menghilangkan gas setelah makan atau kapan pun Anda merasa membutuhkannya. Namun apabila Anda tidak ocok, atau ingin lebih pasti dari resep dokter, Anda dapat memeriksakannya ke dokter sekitar.

Parut kembung atau perut begah memang dapat mengganggu kegiatan atau kerjaan kita sahri-hari. Jika Anda mengalaminya, semoga artikel tips mengobati perut kembung diatas dapat membantu Anda menyembuhkannya. Semoga bermanfaat.

ArtikelBegahCaraKembungKesehatanMengatasiMenghilangkanMengobatiObatPerutTipsTradisional cara menyembuhkan perut kembung language id

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.