Cara Meluruskan Rambut Ampuh Untuk Rambut yang Susah Diatur

Oleh Riyana Dwi Lestari

Rambut merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan terutama pada para wanita. Jika kita berbicara mengenai rambut, tentunya banyak sekali aspek dan hal-hal yang perlu kita ketahui. Beberapa fakta tentang rambut juga sebaiknya kita ketahui, lalu bagaimana kondisi rambut kita. Dengan berbagai aktifitas yang kita lakukan sehari-hari, keadaan rambut tidak bisa kita prediksi. Ada kalanya rambut kita terasa lembab, kering, kusut, bahkan acak-acakan. Paling segar tentunya ketika kita setelah keramas.

Cara Meluruskan Rambut Ampuh Untuk Rambut yang Susah Diatur

 

Menghadapi keadaan rambut Anda harus tetap tenang dan jangan meluapkan amarah. Kita memang harus pandai merawat aset yang ada dalam tubuh kita. Jika Anda mengalami masalah rambut yang mudah kusut dan susah diatur, berikut ini adalah tips cara meluruskan rambut dengan mudah.

Rajin Membersihkan Rambut

Membersihkan rambut tentu wajib dilakukan. Jadwalkan waktu Anda untuk keramas, misalnya 3 kali dalam satu minggu. Keramas dengan shampoo dapat membersihkan rambut Anda dari kotoran, minyak, sel-sel kulit rambut yang mati, atau bahkan ketombe sekalipun.

Setelan selesai menggunakan shampoo lalu membersihkannya, oleskan conditioner pada seluruh permukaan rambut Anda sembari dipijat-pijat kulit kepala agar lebih segar. Penggunaan conditioner ini berguna untuk mencegah rambut kusut, kering, dan susah diatur. Anda dapat memilih berbagai macam kondisioner yang cocok dengan jenis rambut Anda. Atau jika Anda kurang percaya dengan produk buatan pabrik, Anda juga dapat membuat kondisioner alami agar semakin cocok dengan keadaan rambut Anda.

Keringkan Rambut Setelah Keramas

Setelah selesai keramas tentunya rambut harus dikeringkan. Anda bisa mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan cara dilap-lap. Namun, jika keadaan rambut Anda sudah sangat kusut, Anda dapat menggunakan bantuan alat pengering rambut (hair dryer) dan sejenisnya.

Keringkan Rambut Setelah Keramas

Keringkan Rambut Setelah Keramas

Rambut yang sudah dikeringkan setelah keramas akan lebih mudah diatur dan tidak menyebabkan kerontokan. Karena jika kondisi rambut masih basah, akan sangat mudah patah bahkan rontok ketika kita sisir. Jika menggunakan hair dryer juga tentunya akan menghemat waktu Anda dalam mengeringkan rambut, jika dibandingkan menggunakan handuk.

Menghilangkan Kekusutan Rambut

Setelah keramas tentu seringkali rambut tidak langsung tertata rapih ya ladies. Maka dari itu, kita perlu merapihkan rambut agar tidak kusut (bahkan bagi Anda yang memang memiliki rambut mudah kusut). Setelah rambut Anda kering, Anda boleh menyisir rambut. Jangan sisir rambut Anda dalam keadaan masih basah. Anda dapat menyisir rambut mulai dari ujung rambut, kemudian ke tengah rambut. Jika sudah berhasil meratakan seluruh rambut termasuk menghilangkan gumpalan-gumpalan rambut, Anda dapat menyisir rambut dari kulit kepala kebawah.

Menghilangkan Kekusutan Rambut

Menghilangkan Kekusutan Rambut

Aplikasikan vitamin rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Berbagai macam vitamin untuk rambut sehat bisa Anda dapatkan dengan mudah. Selanjutnya, untuk meluruskan dan merapihkan rambut Anda dapat menggunakan alat pelurus rambut (catokan). Gunakan catokan pada volume rendah terlebih dahulu, kemudian setelah beberapa menit berangsur dinaikkan volume panas catokan hingga rambut Anda lurus dan rapi sempurna. Jika Anda ingin lebih tahan lama, Anda dapat mengaplikasikan hair spray agar rambut Anda lurus lebih tahan lama.

Rambut indah berkilau, lurus, panjang, terawat dan tidak kusut memang idaman mayoritas para wanita. Sebagai wanita tentunya memang sudah seharusnya memperhatikan penampilan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Menghilangkan kekusutan pada rambut menjadi penting untuk dilakukan. Semoga melalui tips diatas tadi, Anda dapat terbantu menangani masalah rambut kusut yang susah diatur.

CaraMeluruskanRambutTips

Baca Juga

  • 6 Alasan Menakjubkan Mengapa Wanita Terlihat Lebih Sempurna dengan Rambut Panjang

    6 Alasan Menakjubkan Mengapa Wanita Terlihat Lebih Sempurna dengan Rambut Panjang

    19 Mei, 2021 - 1 KomentarBanyak diantara kita para wanita yang memiliki rambut pendek dimana pola pikir mereka yang sebagian
  • 5 Vitamin Ampuh untuk Pertumbuhan Rambut Sehat dan Tebal

    5 Vitamin Ampuh untuk Pertumbuhan Rambut Sehat dan Tebal

    9 Agu, 2020 - 0 KomentarAda istilah yang menyebutkan bahwa rambut adalah mahkota wanita. Bukan hanya wanita sebenarnya,
  • Tips Agar Rambut Tampak Indah Berkilau

    Tips Agar Rambut Tampak Indah Berkilau

    9 Agu, 2020 - 0 KomentarRambut merupakan mahkota wanita. Selain dari wajah, kecantikan wanita juga terpancar dari rambut
  • 6 Jenis Sisir Yang Dapat Meningkatkan Kelembutan Rambut

    6 Jenis Sisir Yang Dapat Meningkatkan Kelembutan Rambut

    6 Jun, 2021 - 0 KomentarJika menyimak sebuah pernyataan "rambut merupakan mahkota bagi wanita" ini memang benar. Sebagian
  • Tips Membuat Kondisioner Untuk Rambut Rusak Paling Efektif

    Tips Membuat Kondisioner Untuk Rambut Rusak Paling Efektif

    9 Agu, 2020 - 1 KomentarRambut panjang, tebal, dan berkilau merupakan simbol kesehatan dari rambut Anda. Ketika Anda justru

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.