Cara Ampuh Mengobati Batuk dengan 5 Bahan Alami

Oleh Riyana Dwi Lestari

Batuk, saya rasa semua orang pernah mengalaminya. Baik itu batuk ringan atau bahkan termasuk batuk yang parah. Penyakit satu ini memang sangat umum terjadi dan sangat mudah mencemari dari waktu ke waktu apalagi pada musim tertentu dengan cuaca yang buruk. Meski mungkin ini seringkali dianggap hal sepele, namun tidak dapat kita pungkiri bahwa penyakit batuk sangat mengganggu kenyamanan atau bahkan aktifitas kita sehari-hari.

Penyakit Batuk

Penyakit Batuk

Bahan-bahan alami untuk menyembuhkan batuk

Pengobatan untuk batuk tidak bisa sembarangan ya ladies. Apabila batuk yang dialami sudah termasuk parah, sebaiknya segerakan untuk periksa ke dokter. Namun, sebelum batuk tersebut semakin parah, ada baiknya kita bisa mencegahnya terlebih dahu dengan berbagai macam obat dari bahan-bahan alami yang mudah Anda temui diantaranya:

Minuman teh dengan madu dan lemon

Minuamn Teh dengan Madu dan Lemon

Minuman Teh dengan Madu dan Lemon

Minuman teh yang dicampur dengan madu dan lemon dapat dijadikan sebagai salah satu obat untuk menenangkan batuk. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa madu lebih efektif daripada dextromethorphan penekan batuk biasa (yang tidak terbukti lebih efektif daripada tanpa pengobatan).

Permen obat batuk

Permen Obat Batuk

Permen Obat Batuk

Untuk obat yang satu ini termasuk memiliki rasa yang lezat dan praktis tentunya. Anda cukup mengkonsumsi permen yang dapat meredakan batuk agar tenggorokan Anda tidak semakin kering dimana hal tersebut dapat memperparah batuk Anda. Selain itu, permen tersebut juga dapat mengatasi terjadi iritasi di dalam tenggorokan.

Mandi dengan air hangat

Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan Air Hangat

Mandi merupakan cara ampuh untuk membersihkan kita dari segala macam bakteri, kotoran, maupun virus, dimana hal tersebut sangat baik untuk kesehatan. Bagi para penderita batuk khususnya, mandi dengan air hangat dipercaya dapat melonggarkan lendir di tenggorokan atau hidung, karena uap-uap yang menghangatkan badan tersebut, sehingga bagus untuk meredakan batuk.

Berkumur dengan air garam

Kumur dengan Air Garam

Kumur dengan Air Garam

Bahan yang paling sering digunakan untuk sakit tenggorokan atau obat kumur adalah air garam. Cara ini juga tidak jarang ampuh untuk menyembuhkan batuk. Garam dalam air membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan di tenggorokan, dimana hal tersebut kadang-kadang dapat memicu batuk. Anda dapat menyeduh garam secukupnya dengan air hangat, lalu kumur kumur selama beberapa kali.

Mengkonsumsi jahe

Wedang Jahe

Wedang Jahe

Bahan yang satu ini paling banyak digunakan untuk mengobati batuk secara alami. Jahe merupakan salah satu bahan yang memiliki sifat anti bakteri serta tentunya sangat bagus untuk menghangatkan tubuh. Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat mengolahnya menjadi minuman (wedang jahe).

Bagaimana ladies? Ternyata mudah sekali ya bahan-bahan yang kita butuhkan untuk mengobati batuk agar tidak semakin parah. Jaga kesehatan keluarga kita ya. Terima kasih telah berkunjung di medianita, semoga tips diatas bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil dipraktikan untuk keluarga agar lebih sehat.

AirAir HangatAlamiAmpuhBahanBatukCaraGaramJaheKonsumsiKumurLemonMaduMandiMengobatiMenyembuhkanObatTehWedang Jahe gambar batuk wanita cantik berhijabwedang jahewedang jahe zanjabil

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.