9 Nutrisi Penting Bagi Para Wanita

Oleh | pada 31 Mar, 2017 | 0 Komentar

Sudah seharusnya kita sebagai manusia yang dapat kapan saja terserang berbagai macam penyakit, untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Terutama bagi para wanita dimana mereka memiliki bagian” sensitif di dalam organ tubuhnya. Berikut kami ulas tentang nutrisi-nutrisi yang baik bagi kesehatan wanita:

1. Kalsium

Kalsium berguna untuk memperkuat tulang. Nutrisi ini sangat penting seiring dengan pertumbuhan usia. Kalsium dapat mencegah dari penyakit osteoporosis, atau tulang rapuh. Sekarang banyak tersedia produk susu atau minuman yang diperkaya dengan kalsium seperti susu kedelai, dan berbagai macam jus.
Wanita dibawah 50 tahun, dan wanita hamil membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1000 miligram per hari. Sedangkan wanita diatas 50 tahun membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1200 miligram per hari. Jika Anda takut mengonsumsi susu karena takut gemuk, Anda dapat menggantinya dengan susu rendah lemak, atau bisa juga yogurt.

Susu Sebagai Sumber Kalsium

Susu Sebagai Sumber Kalsium

2. Zat Besi

Zat besi dapat membantu sel-sel mengikat oksigen dalam tubuh Anda. Apabila oksigen dalam sel-sel tubuh Anda kurang, salah satunya Anda dapat terkena anemia, dimana penyakit tersebut dapay menyebabkan Anda mudah lelah, dan lemah. Sumber yang baik dari zat besi antara lain daging sapi tanpa lemak, daging kalkun dan ayam, serta kacang-kacangan dan sereal.

Daging Kaya Akan Zat Besi

Daging Kaya Akan Zat Besi

Adapun cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan nutrisi dari zat besi tersebut:

1. Wanita umur 19-50 tahun dengan konsumsi 18 miligram zat besi per hari => 3/4 cangkir sereal setiap harinya

2. Wanita diatas 50 tahun dengan konsumsi 8 miligram per hari => 1 cangkir kedelai.

3. Wanita hamil dengan konsumsi 27 miligram per hari => 3/4 cangkir sereal ditambah 1 cangkir kedelai ditambah lagi 1/2 cangkir sayur bayam.

Apabila Anda mengidap penyakit anemia karena kekurangan zat besi, Anda harus mengonsumsi pil zat besi.

3. Vitamin D

Vitamin D membantu tubuh Anda mengikat kalsium untuk kekuatan tulang Anda. Vitamin D terdapat pada beberapa produk susu, pada ikan seperti salmon dan tuna.

Ikan Salmon Banyak Mengandung Vitamin D

Ikan Salmon Banyak Mengandung Vitamin D

Wanita di bawah 70 tahun harus mendapatkan 600 IU vitamin D setiap hari. Yaitu sekitar 3 ons salmon dan 1 cangkir jus jeruk yang diperkaya. Wanita lebih dari 70 tahun kebutuhan 800 IU – 3 ons salmon, 2 cangkir susu, dan 1 cangkir jus jeruk.

4. Asam Folat

Asam Folat dapat membantu dalam pembuatan DNA dan pembagian sel-sel dalam tubuh. Wanita membutuhkan 400 mikrogram per harinya. Anda dapat mendapatkannya dengan sering mengonsumsi sereal atau roti tawar. Pada wanita hamil juga sangat dibutuhkan untuk konsumsi asam folat, bahkan bila perlu dengan mengonsumsi pil asam folat.

Asam Folat Membantu Pembentukan DNA Dalam Tubuh

Asam Folat Membantu Pembentukan DNA Dalam Tubuh

5. Garam

Konsumsi garam secara berlebihan dapat memicu darah tinggi bahkan stroke. Wanita harus menjaga konsumsi garamnya agar tidak berlebih, konsumsi garam setiap harinya di bawah 2.300 miligram per hari atau sekitar satu sendok teh. Pada wanita berusia diatas 50 tahun, atau yang mengidap penyakit diabetes, darah tinggi, atau yang mengidap penyakit ginjal, konsumsi garam harus dijaga yaitu di bawah 1.500 mg.

Konsumsi Garam

Konsumsi Garam

6. Protein

Protein baik untuk kesehatan tulang, kulit, dan otot. Di dalam tubuh, protein melakukan hal-hal penting seperti melawan kuman, dan mengontrol metabolisme dalam tubuh Anda. Makanan yang banyak mengandung protein anatara lain: Ikan, daging unggas, daging merah, telur, dan kacang-kacangan. Kebutuhan protein untuk wanita dalam setiap hari yaitu sebanyak 46 gram.

Protein Banyak Terdapat Pada Daging dan Ikan

Protein Banyak Terdapat Pada Daging dan Ikan

7. Serat

Serat adalah sari-sari dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Serat dapat mencegah penyakit hati melalui penurunan kolesterol dan gula darah. Daging, kacang-kacangan, buah, sayur, dan roti gandum serta sereal merupakan sumber serat yang baik. Wanita dibawah 50 tahun membutuhkan serat paling sedikit 25 gram setiap harinya. Misalnya dengan mengonsumsi 1 mangkuk (1 ons) sereal ditambah 1 cangkir raspberry dan 1 gelas campuran sayur-sayuran.

Serat Dalam Makanan

Serat Dalam Makanan

8. Vitamin C

Anda juga membutuhkan Vitamin C untuk kesehatan tulang dan kulit. Sayuran, sperti brokoli dan lada, serta buah, khsusnya buah jeruk adalah sumber protein yang baik. Wanita membutuhkan 75 miligram vitamin c setiap harinyaatau sekitar 85 miligram untuk wanita hamil.

Buah yang Diperkaya Vitamin C

Buah yang Diperkaya Vitamin C

9. Asam Lemak Omega 3

Organisasi Asosiasi Hati di Amerika mengatakan Anda harus mengonsumsi paing sedikit 2 porsi ikan (salmon, trout, herring, makarel, teri, sarden) setiap minggunya. Kacang kenari juga mengandung omega 3.

Kandungan Omega 3

Kandungan Omega 3

Demikian info kesehatan dari saya. Terima kasih telah berkunjung ke Media Wanita. 🙂

Label: Asam FolatGaramKalsiumKesehatanNutrisiOmega 3ProteinSeratVitamin CVitamin DWanitaZat Besi sayuran buah bagi wanitadiatas

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Ini Bahayanya Memberi  Vitamin ke Anak Tanpa Konsultasi Dokter

    Ini Bahayanya Memberi Vitamin ke Anak Tanpa Konsultasi Dokter

    9 Jun, 2017 - 0 KomentarKerap kali dengan maksud mencukupi keperluan nutrisi anak, orang tua malah memberikan suplemen
  • 8 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

    8 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

    7 Jun, 2015 - 0 KomentarBagi para wanita yang sedang dalam masa kehamilan dan sangat memperhatikan keadaan janin mereka,
  • Wow Ternyata Selai Kacang Baik Untuk Kesehatan

    Wow Ternyata Selai Kacang Baik Untuk Kesehatan

    24 Apr, 2016 - 1 KomentarJika kita bahas mengenai selai, tentunya kita mengetahui berbagai macam selai yang biasa digunakan
  • Inilah Sikap Para Wanita yang Baik dalam Membangun Hubungan yang Harmonis dengan Pasangan Lelaki Anda

    Inilah Sikap Para Wanita yang Baik dalam Membangun Hubungan yang Harmonis dengan Pasangan Lelaki Anda

    17 Jun, 2017 - 0 KomentarCinta dan perdamaian serta keharmonisan merupakan kunci bagi kesejahteraan dan ketentraman
  • 5 Kado Natal Unik & Cantik Untuk Istri Tercinta

    5 Kado Natal Unik & Cantik Untuk Istri Tercinta

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarBagaimana rencana perayaan Natal Anda? Sudah sampai mana persiapan Anda untuk merayakan Natal di

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.