8 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

Oleh | pada 7 Jun, 2015 | 0 Komentar

Bagi para wanita yang sedang dalam masa kehamilan dan sangat memperhatikan keadaan janin mereka, mungkin Anda bertanya-tanya tentang bagaimana jika ibu hamil berpuasa. Apakah ibu hamil diperkenankan untuk wajib menjalankan puasa? Dalam hukum islam telah kita ketahui bersama bahwa bagi ibu hamil diberikan kelonggaran atau keringanan, atau istilah lainnya yaitu dispensasi yaitu diperbolehkan untuk tidak menjalankan puasa, baik itu pada puasa sunnah maupun puasa ramadhan yang hukumnya wajib bagi umat muslim. Namun kembali lagi dengan kemampuan dan kesiapan serta niat para ibu hamil untuk menentukan apakah mereka sanggup untuk menjalankan puasa ataupun tidak. Serta tentunya hal tersebut harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

Ibu Hamil

Ibu Hamil

Sebenarnya apa arti puasa? Puasa menurut syariat agama islam yaitu berarti menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa (sepertiĀ  makan, minum, berhubungan suami istri saat siang hari, dan lain-lain) dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari, disertai dengan niat ibadah ikhlas hanya kepada Allah. Jika kita dapat menerapkan niat berpuasa ikhlas karena Sang Pencipta, serta ingin meningkatkan takwa kita kepadaNya, tentunya kita akan merasa sayang jika tidak menjalankan puasa, apaagi jika itu adalah puasa di bulan Ramadhan. Mungkin hal itulah yang dialami oleh para ibu yang sedang mengandung, sehingga banyak diantara mereka yang memutuskan untuk tetap menjalankan puasa. Pada ibu hamil saat berpuasa mengemban 2 tanggung jawab sekaligus, yaitu menjaga kesehatan tubuhnya juga janin yang ada dalam kandungannya. Agar kesehatan ibu dan calon buah hati tetap terjaga selama berpuasa, berikut ini kami bagikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil selama berpuasa:

1. Pilih Menu Makanan Yang Sehat

Makanan yang sehat merupakan hal wajib utama sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Terlebih untuk para ibu hamil. Selama berpuasa, pilihlah menu makanan yang sehat serta mengandung nutrisi yang cukup untuk kesehatan Anda dan janin Anda, terutama dikonsumsi saat makan sahur. Komposisi nutrisi yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah karbohidrat kompleks, protein baik secara nabati dan hewani, serta lemak. Selain itu, buah dan sayur juga tidak boleh Anda tinggalkan. Karena konsumsi buah dan sayur sangat berguna untuk pencernaan Anda.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Secara umum sebaiknya kita jangan sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan setiap harinya. Hal itu juga harus diperhatikan pada para ibu hamil yang menjalankan puasa. Mencegah dehidrasi dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Namun selama minum air putih tersebut juga sebaiknya diperhatikan jangka atau jarak waktunya. Sebaiknya diberi jeda selang beberapa waktu yang pas sesuai kebutuhan dan kondisi ibu hamil. Jika saat berbuka langsung minum air putih dalam jumlah yang begitu banyak, dikhawatirkan si ibu hamil akan merasa kembung, perut berasa tak enak, dan lain sebagainya yang justru dapat mengganggu kenyamanan ibu hamil tersebut.

3. Hindari Konsumsi Minum-minuman Terlalu Manis Saat Berbuka

Minuman yang terlalu manis beresiko dapat meningkatkan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh kita. Hal inilah yang dapat berbahaya jika dibiasakan secara terus-menerus terjadi pada pola hidup kita. Bagi para ibu hamil, Anda juga harus memperhatikan hal tersebut. Untuk mengganti konsumsi minuman yang manis tersebut, lebih baik Anda konsumsi buah kurma yang sekaligus juga berkhasiat untuk kesehatan Anda, serta mengamalkan seperti yang disunnahkan oleh Rasul kita.

4. Istirahat Yang Cukup

Mengingat bahwa berpuasa juga secara tidak langsung mengurangi asupan makan kita, terutama bagi ibu hamil yang sebenarnya sedang membutuhkan asupan nutrisi yang banyak dari makanan yang mereka konsumsi. Dengan berpuasa, ibu hamil harus dapat mengatur waktu istirahatnya. Mungkin akan ada beberapa kegiatan yang mereka kurangi jika dibandingkan dengan saat mereka sedang tidak berpuasa. Usahakan jangan sampai merasa kelelahan karena aktifitasnya yang padat. Kesehatan Anda dan janin juga dapat dipengaruhi oleh waktu istirahat Anda.

5. Minum Susu Ibu Hamil

Selain dari makanan, ibu hamil tentunya juga membutuhkan nutrisi lain dari susu sebagai pelengkap. Terlebih jika Anda yang sebelum berpuasa sudah terbiasa mengkonsumsi susu khusus untuk ibu hamil ini, tidak ada salahnya untuk diteruskan. Konsumsi susu tersebut pada saat sahur dan berbuka puasa.

6. Olahraga Teratur

Jangan kaget dulu bunda. Olahraga yang kami maksud ini adalah olahraga ringan yang cocok untuk dilakukan oleh para ibu hamil. Seperti senam yoga misalnya. Anda bisa melakukannya diwaktu sore menjelang berbuka puasa, sehingga saat energi Anda terkuras, Anda dapat langsung menggantinya saat berbuka.

7. Jaga Emosi Jiwa

Sudah menjadi hal yang wajib dan keharusan bahwa ibu hamil tidak boleh stress. Usahakan ibu hamil untuk selalu merasa bahagia, termasuk selama mereka menjalankan puasa. Buat emosinya selalu senang, gembira, tanpa beban, rileks, santai, dan terhindar dari rasa stress. Kondisi kejiwaan yang sangat baik tersebut juga akan menimbulkan keadaan yang baik pula bagi janinnya.

8. Konsumsi Vitamin Bila Perlu

Tidak semua ibu hamil dalam kondisi yang prima secara kesehatannya. Untuk beberapa kondisi ibu hamil yang memang membutuhkan nutrisi tambahan khusus demi kesehatannya, sebaiknya tambahkan dengan mengkonsumsi vitamin. Namun dalam mengkonsumsi vitamin ini tentunya harus melalui resep dokter, lakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Bagaimana bunda? Sudah siapkah Anda menjaga kesehatan Anda dan janin selama berpuasa? Semoga tips yang kami bagikan dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda. Penting untuk diingat bahwa ibu hamil perlu perhatian khusus untuk selalu menjaga kesehatannya. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita. šŸ™‚

Label: Ibu HamilJaninKandunganKesehatanPuasaRamadhanTips gambar hamilorang hamilsusu yang baik untuk pemula hamil bulaninilah tips menjaga kebugaran bagi hamil saat berpuasajika hamil tidak suka minum susu cairan yang harus konsumsi hamil tersebutbolehkah hamil bulan puasa sunatbolehkah hamil puasa tanpa sahur dulukomsumsi makan hamil islamtips berpuasa sunat untuk hamilcara menjaga kesehatan hamil yang sedang puasatips puasa untuk hamil mingguboleh tidak bumil puasa tapi tidak saur dulycara menjaga janin dalam kandungan agar tetap sehat saat puasahttps medianita tips menjaga kesehatan hamil saat puasapuasa untuk hamil bulan dalam islam

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Cara Mengatasi Gigi Berlubang

    Cara Mengatasi Gigi Berlubang

    8 Mar, 2017 - 0 KomentarAnda perlu menjaga kesehatan gigi, yaitu dengan mencegahnya agar tidak berlubang. Gigi yang
  • 10 Tips Mudah Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah Selama Puasa

    10 Tips Mudah Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah Selama Puasa

    31 Mar, 2017 - 2 KomentarSelama menjalani ibadah puasa tubuh cenderung kekurangan cairan yang masuk. Hal ini karena waktu
  • Manfaat & Khasiat Menakjubkan Ginseng Untuk Kesehatan

    Manfaat & Khasiat Menakjubkan Ginseng Untuk Kesehatan

    31 Mar, 2017 - 2 KomentarManfaat dan khasiat ginseng untuk kesehatan sangat melegenda secara umum bahkan bukan hanya di
  • Kenali Faktor Penyebab Timbulnya Bau Mulut Terutama Saat Puasa

    Kenali Faktor Penyebab Timbulnya Bau Mulut Terutama Saat Puasa

    12 Feb, 2017 - 0 KomentarSelama berpuasa mungkin banyak diantara kita atau mungkin Anda sendiri mengalami bau mulut.
  • Dahsyatnya Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

    Dahsyatnya Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

    31 Mar, 2017 - 0 KomentarBuah yang satu ini kulitnya berwarna hijau, saat matang berwarna hijau kekuningan. Rasanya manis

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.