7 Makanan Sehat yang Baik Untuk Ibu Hamil

Oleh Riyana Dwi Lestari

Setelah kemarin kita membahas tentang cara agar cepat hamil, selanjutnya selama mengandung tentunya membutuhkan makanan-makanan sehat yang baik untuk ibu hamil. Meski pada sebagian ibu hamil mereka banyak mengkonsumsi vitamin-vitamin dari dokter, makanan yang dikonsumsi tentunya menjadi faktor utama berkaitan dengan kesehatan semasa hamil untuk bayi dan ibunya. Dibawah ini ada 7 makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk para ibu hamil.

Makanan Sehat yang Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat yang Baik Untuk Ibu Hamil

1. Daging Rendah Lemak

Daging Rendah Lemak

Daging Rendah Lemak

Asam amino dalam protein merupakan salah satu zat penting yang menyusun sel-sel didalam tubuh dan bayi dikandungan Anda. Untuk itu, penting bagi para ibu hamil untuk mengkonsumsi protein sebanyak 75 gram setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salah satunya dengan mengkonsumsi daging dengan rendah lemak. Disamping itu, daging yang rendah atau tanpa lemak juga mengandung zat besi untuk membantu meningkatkan sel darah merah bagi Anda dan bayi Anda. Zat besi juga dapat membantu membangun otak pada bayi serta memperkuat saraf yang terbentuk didalamnya.

2. Yogurt

Smoothies Yogurt

Smoothies Yogurt

Anda dan sikecil yang ada didalam kandungan tentunya membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan menguatkan tulang. Selain itu, yogurt juga dapat membantu mencegah gangguan lambung serta infeksi jamur (yang sering terjadi pada kehamilan). Targetkan sekitar 1.200 miligram (empat porsi) setiap hari. Anda dapat mengkonsumsi yogurt murni atau diblender dengan buah-buah lainnya sehingga menjadi minuman smoothies atau dicampur dengan salad sayur, dan lainnya.

3. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Ikan Salmon

Didalam ikan salmon mengandung DHA yang merupakan jenis asam lemak omega-3 esensial yang penting untuk tubuh terutama pada ibu hamil. Lemak sehat ini penting bagi tubuh karena tubuh tidak dapat membuatnya sendiri. Zat ini dapat membantu memetabolisme vitamin yang larut dalam lemak seperti A dan E, dapat membantu mengurangi risiko depresi prenatal, dan sangat penting untuk perkembangan mata dan otak bayi Anda (terutama otak dan retina terdiri dari DHA).

4. Alpukat

Alpukat

Alpukat

Buah alpukat mengandung folat, potasium, vitamin C dan vitamin B6 (yang membantu pertumbuhan jaringan dan otak bayi serta dapat meredakan mual di pagi hari). Namun perlu diingat ya ladies, disisi lain alpukat mengandung lemak, jadi jangan berlebihan ya dalam mengkonsumsi.

5. Gandum

Roti dan Sereal Gandum

Roti dan Sereal Gandum

Gandum kaya akan serat, vitamin B, zat besi dan sejumlah mineral lainnya. Serat tentunya dapat memperlancar ibu hamil dalam BAB. Hal ini penting dikonsumsi selain sehari-hari terutama saat Anda sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar.

6. Wortel dan Paprika

Wortel dan Paprika

Wortel dan Paprika

Wortel dan paprika kaya akan zat beta-karoten yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Dimana zat tersebut bermanfaat penting untuk perkembangan organ-organ bayi Anda terutama mata, kulit, dan tulang. Wortel dan paprika juga merupakan sumber vitamin B6 dan C yang baik.

7. Buah Mangga

Buah Mangga

Buah Mangga

Selain jeruk, buah mangga juga kaya akan vitamin C. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin A. Tentunya buah ini dapat menjadi pilihan lain dalam mencukupi kebutuhan vitamin An dan C selama Anda mengandung.

Bagi ibu-ibu yang sedang hamil atau akan hamil, semoga artikel diatas bermanfaat ya. Ternyata segala asupan yang kita makan apalagi selama masa hamil sangat mempengaruhi kondisi bayi yang ada dalam kandungan kita. Jaga kesehatan selalu ya bunda. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita.

BaikHamilIbu HamilKehamilanKesehatanMakananMengandungSehat yoghurt jamurmenyusun menu makanan untuk ibu hamil

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.