6 Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

Oleh Riyana Dwi Lestari

Haid atau Menstruasi adalah proses keluarnya darah melalui vagina dalam kurun waktu tertentu yang terjadi akibat tidak adanya pembuahan didalam rahim dan merupakan siklus bulanan alami pada wanita. Pada masa haid/menstruasi, wanita mengalami beberapa kondisi atau bahkan mendapatkan mitos-mitos tentang haid dari masyarakat. Seperti contohnya mitos saat haid tidak boleh minum es, jika saat haid minum air kelapa akan semakin deras darah haid yang keluar, dan masih banyak mitos-mitos lainnya.

Haid atau Menstruasi

Haid atau Menstruasi

Pantangan atau larangan pada wanita haid/menstruasi memang ada, namun harus disertai dengan penjelasan ilmu tentunya. Bukan asal-asalan atau menggunakan jimat andalan “kata orang tua jaman dahulu”. Dibawah ini beberapa pantangan/larangan yang tidak boleh dilakukan pada wanita haid beserta pejelasannya.

Konsumsi Makanan Asin

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa asin pada wanita yang sedang dalam masa haid/mentruasi dapat menyebabkan perut terasa kembung bahkan kram perut.

Menggunakan Pembalut Lebih dari 4 Jam

Ketika haid usahakan unuk sering mengganti pembalut tidak lebih dari 3 atau 4 jam. Karena jika Anda mengganti pembalut lebih dari 4 jam dapat menyebabkan infeksi akibat jamur atau bakteri.

Sering Begadang

Wanita haid yang terlalu sering begadang dapat memicu perubahan mood yang kurang baik, sehingga wanita akan lebih mudah stres. Perhatikan waktu istirahat Anda, tidurlah yang cukup.

Merokok

Bagi wanita haid yang merupakan perokok, sebaiknya kurangi merokok ketika haid. Merokok dapat memicu nyeri perut selama haid. Selain itu, merokok juga tidak baik untuk kesehatan.

Konsumsi Kopi, dan Susu

Menurut ilmu kedokteran, ketika haid wanita disarankan untuk mengurangi konsumsi minum kopi, susu, dan berbagai macam olahan minuman dari kedua jenis bahan tersebut. Hal ini dikarenakan kopi dan susu dapat memicu perut kembung bahkan kram. Akan lebih baik jika banyak mengkonsumsi air mineral.

Berhubungan Intim

Berhubungan intim dengan pasangan yang dilakukan dalam masa haid memiliki resiko dapat tertular bakteri atau virus. Hal ini dikarenakan kondisi vagina yang kotor oleh darah dan rahim yang sedang terbuka tersebut dapat membawa bakteri maupun virus.

Wah ternyata ada beberapa hal yang harus dijaga ya bagi ladies yang sedang menstruasi. Selain makanan yang harus dihindari saat menstruasi, ternyata ada beberapa kebiasaan hal penting diatas yang harus dijaga selama masa haid / menstruasi. Harap diingat ya ladies.

Label: ArtikelBahayaDihindariHaidKesehatanKram PerutLaranganMenstruasiPantanganTips

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis:

Carilah ilmu. Didiklah dirimu. Dan jadilah orang yang berpengetahuan. :)

Baca Juga

  • 6 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

    6 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

    12 Jan, 2019 - 0 KomentarMenstruasi atau haid atau datang bulan adalah
  • 8 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

    8 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

    19 Apr, 2019 - 0 KomentarBagi para wanita yang sedang dalam masa kehamilan dan sangat memperhatikan keadaan janin mereka,
  • Kenali Penyebab Jika Anda Sudah Rutin Berolahraga Namun Berat Badan Tak Kunjung Turun

    Kenali Penyebab Jika Anda Sudah Rutin Berolahraga Namun Berat Badan Tak Kunjung Turun

    9 Agu, 2020 - 0 KomentarApakah Anda rutin dan tidak pernah absen dalam melakukan latihan olahraga, setidaknya dalam kurun
  • Mari Kenali Bahaya & Efek Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

    Mari Kenali Bahaya & Efek Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

    9 Agu, 2020 - 0 KomentarTidur merupakan kebutuhan dimana sekaligus hal itu menjadi sinyal bahwa tubuh
  • Ini Bahayanya Memberi Vitamin ke Anak Tanpa Konsultasi Dokter

    Ini Bahayanya Memberi Vitamin ke Anak Tanpa Konsultasi Dokter

    6 Agu, 2020 - 0 KomentarKerap kali dengan maksud mencukupi keperluan nutrisi anak, orang tua malah memberikan suplemen

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.