6 Makanan Menakjubkan Sebagai Sumber Zat Yodium

Oleh Riyana Dwi Lestari

Yodium merupakan salah satu mineral penting yang sangat kita butuhkan mengenai fungsinya untuk kelenjar tiroid yang ada dalam tubuh kita. Dalam proses diet, kebutuhan yodium pada kelenjar cenderung lebih banyak. Zat yodium yang terkandung dalam makanan ternyata dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental tubuh kita seperti misalnya depresi, stres, sampai pada gejala berbagai jenis penyakit kanker.

Makanan Menakjubkan Sebagai Sumber Zat Yodium

Makanan Menakjubkan Sebagai Sumber Zat Yodium

Secara global, yodium dikenal banyak terdapat pada salah satu bumbu dapur yaitu garam. Namun bukan hanya berdampak baik, dampak buruk juga bisa terjadi dari garam, terutama terhadap anak-anak. Dalam setiap hari, kita direkomendasikan untuk mengkonsumsi yodium kurang lebih sekitar 150mcg. Garam memang tidak semua orang menyukainya, lalu bagaimana cara kita mendapatkan asupan yodium yang cukup namun melalui sumber makanan yang enak? Dalam artikel ini medianita.com mencoba memberikan pilihan yang menarik mengenai beberapa sumber yodium selain dari garam.

1. Keju

 

Keju

Keju

Keju akan menjaga tulang kesehatan dan kekuatan tulang Anda. Hal ini karena di dalam keju mengandung protein dan vitamin B, yang juga dapat memenuhi kebutuhan yodium dalam keseharian Anda. Kandungan yodium di dalam keju sekitar 15mcg dalam setiap potongnya.

2. Kentang

Kentang

Kentang

Kentang ternyata juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan zat yodium. Konsumsi kentang secara rutin dapat memenuhi kebutuhan yodium Anda sekitar sebanyak 60mcg. Namun sebaiknya pilihlah jenis kentang yang baik, seperti misalnya kentang organik.

3. Rumput Laut

Rumput laut ternyata merupakan salah satu makanan yang kaya akan yodium. Selain itu rumput laut juga kaya akan mineral yang bagus untuk tubuh kita. Satu sendok teh rumput laut didalamnya mengandung sekitar 2.000mcg yodium. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara sederhana yaitu dicampurkan pada salad.

4. Strawberry

Strawberry

Buah manis yang enak ini ternyata merupakan paket buat yang kaya akan zat yodium didalamnya. Dalam setiap satu cangkir buah strawberry segar mengandung sekitar 10% kebutuhan yodium Anda, yaitu sekitar 13mcg.

5. Ikan Kod

Ikan Kod

Makanan laut atau yang sering dikenal dengan istilah seafood juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan yodium, dan salah satu jenis ikan yang yang menjadi sumber yodium yang baik adalah ikan kod. Ikan jenis ini rendah akan kalori, merupakan sumber vitamin E, magnesium, kalsium, potasium, serta pastinya yodium. Ikan Kod mengandung sekitar 99mcg yodium, hal tersebut berarti mereka dapat memenuhi kebutuhan yodium di dalam tubuh kita sebanyak 60%.

6. Cranberries

Cranberries

Cranberries juga merupakan salah satu makanan yang paling banyak dipercaya mengandung yodium banyak selain garam. Jika Anda konsumsi 4 ons buah cranberries, sekitar 400mcg kandungan yodium di dalamnya.

Ternyata zat yodium itu bukan hanya bersumber pada satu makanan saja ya ladies. Ada beberapa sumber makanan lainnya yang mengandung zat yodium, dan bahkan lebih enak dan lezat dibandingkan dengan garam. Semoga artikel ini bermanfaat ya ladies.

CranberriesFungsiIkan KodKandunganKegunaanKejuKentangKesehatanMakananManfaatMengandungRumput LautStrawberryTubuhYodiumZat makanan beryodiumzat yodium banyak terdapat di berbagai jenis ikan laut yang berfungsi untuk...apa itu zat lodiummakanan yg mengandung yodiumgambar sayur lautbuah biahan yg bs dikomsumsi bg penderita penyakitgondokcontoh2 makanan yg mengandung yodiumsayuran apa yang kaya akan yodiumMakanan yang mengandung yodiumjenis makanan yg ngandung yodiumMakanan yg mengandung yodium.makanan kaya yodiumasupan yg mengandung yodiumsayuran hijau yg mengandung yodiummakanan yang mengandung yodium selain garam

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.