6 Efek Samping Gula Yang Mengkhawatirkan Untuk Kesehatan

Oleh | pada 16 Agu, 2016 | 0 Komentar

Tanpa terlalu mendramatisir keadaan, mari kita buka cakrawala ilmu pengetahuan kita lebih luas lagi. Sudahkah Anda mengetahui bagaimana dan apa saja dampak dari gula buatan yang sering kita konsumsi sehari-hari? Padahal kita sendiri ketagihan mengkonsumsi gula tersebut, bahkan mungkin bisa jadi setiap hari. Hal tersebut seharusnya jangan sampai luput dari perhatian kita.

Gula memang memiliki rasa yang manis dan enak ya ladies. Ada fakta lain dari gula lho. Ternyata gula memiliki sifat dan cara kerja yang sama seperti nikotin dan kokain, yaitu memberi efek rasa ketagihan dan merasa bahagia agar mengkonsumsi lagi dan lagi secara terus menerus. Bukan hal yang berlebihan jika kita mengkonsumsi minuman manis pasti akan timbul rasa ingin lagi dan lagi ya ladies?

Gula

Gula

Mari segera lakukan, jangan tunggu lama-lama! Kurangi konsumsi gula secara berlebihan! Perlu kita ketahui juga bahwa gula sebenarnya menyimpan kalori di dalam tubuh kita, yang kemudian mengubahnya menjadi lemak jahat. Dimana lemak jahat tersebut apabila dibiarkan merajalela akan merusak metabolisme dan menyebabkan segala macam penyakit kronis. Sebelum kita mengambil keputusan yang pasti, akan lebih baik lagi jika terlebih dahulu kita bersama-sama mengetahui 10 efek samping yang mengkhawatirkan dari gula:

1. Gula Tidak Mengandung Nutrisi

Anda mungkin bisa saja berpendapat bahwa gula mengandung nutrisi, walaupun tidak banyak namun ada beberapa kandungan nutrisi di dalamnya. Hal tersebut ternyata salah. Gula tidak memiliki kandungan nutrisi sedikitpun. Tidak ada lemak esensial juga di dalamnya. Tidak ada vitamin, tidak ada protein, juga tidak ada mineral.

2. Gula Dapat Memperburuk Kesehatan Hati Anda

Efek samping yang tidak baik selanjutnya dari gula yaitu dapat memperburuk kesehatan hati Anda. Gula sendiri terdefinisi dalam 2 jenis yaitu glukosa dan fruktosa. Glukosa sebenarnya sangat baik untk kita, dimana setiap sel hidup memiliki glukosa. Namun lain halnya dengan fruktosa.

Sebenarnya fruktosa tidak akan menjadi masaah untuk kesehatan tubuh kita apabila kita mengkonsumsinya tidak berlebihan dan didapatkan secara alami pada buah-buahan misalnya. Namun masalah datang jika kita mengkonsumsi gula buatan secara berlebihan. Dimana kita tahu bahwa fruktosa tersebut hanya dimetabolisme oleh hati. Sedangkan apabila kita mengkonsumsinya secara berlebihan, hal itu dapat merusak kesehatan hati akibat terlalu banyak menyimpan fruktosa di dalamnya. Bahkan yang lebih parah lagi yaitu bisa memicu timbulnya penyakit komplikasi.

3. Gula Dapat Menyebabkan Obesitas

Dampak negatif lain dari gula yaitu menyebabkan kegemukan. Tingkat obesitas setiap tahunnya cenderung meningkat. Faktanya kita ketahui bersama bahwa terdapat banyak sekali jenis makanan disekitar kita yang mengandung kadar gula yang tinggi. Seperti misalnya kue, manisan, permen, es krim, coklat, gulali, pop corn, dan lain sebagainya. Konsumsi gula yang dilakukan secara berlebihan termasuk dari makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan kegemukan bahkan obesitas atau kelebihan berat badan. Berbahaya bukan ladies?

4. Gula Termasuk Salah Satu Pembunuh Terbesar Di Dunia

Sekitar satu dekade yang lalu, garam merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Namun sekarang fokus telah bergeser. Ada fakta yang harus kita ketahui bersama bahwa terlalu banyak fruktosa dari gula yang masuk dalam tubuh ternyata bisa menyebabkan leptin resistance atau ada pula yang menyebutkan resistensi leptin. Keadaan tersebut berarti hormon leptin yang bertugas menghentikan kita makan setelah merasa kenyang di dalam tubuh justru terganggu. Akibatnya kita selalu ingin lagi secara terus menerus makan tanpa ada rasa kenyang atau cukup. Akibatnya orang akan makan secara berlebihan sehingga menyebabkan gemuk, lalu cepat atau lambat mereka akan mengalami sakit, dari mulai sakit yang ringan sampai dengan sakit yang parah akibat kelebihan gula di dalam tubuh.

5. Gula Memiliki Dampak Buruk Bagi Kesehatan Gigi Anda

Salah satu efek samping dari gula yaitu dapat mengganggu kesehatan gigi Anda. Gula yang terlalu banyak masuk ke dalam mulut kita ternyata dapat secara perlahan menyebabkan keroposan pada gigi. Mereka dapat secara perlahan mengikis setiap bagian gigi Anda.

6. Gula Merupakan Pemicu Diabetes

Seperti yang kita ketahui bersama dalam lingkungan sekitar kita bahwa gula dapat menyebabkan penyakit diabetes. Sebuah studi menyatakan peningkatan terhadap resiko penyakit diabetes berkaitan sangat erat dengan konsumsi gula termasuk minuman-minuman yang manis seperti soda, teh, dan jenis minuman lainnya.

Demikian informasi mengenai dampak negatif gula bagi kesehatann yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan ya cantik. Kesehatan itu nomor satu. Dapatkan informasi penting lainnya di situs kami. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita.

Label: DampakEfek SampingGulaHatiKesehatanNegatifObesitasTubuh efek samping gulapasirefek makan gula pasirefek samping gula putihefek gula pasirgula pasirgambar gulaakibat kurang gula bagi kesehatandampak glukosa terhadap kesehatanpengaruh gula pasir pada kegemukansenarai gula gula yang baik untuk kesihatanbibir kering efek cornofopdampak manisan gula bagi kesehatanefek samping glukosaefek samping terlalu banyak mengkonsumsi cornefek samping gula

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Mari Kenali Bahaya & Efek Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

    Mari Kenali Bahaya & Efek Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

    26 Okt, 2016 - 0 KomentarTidur merupakan kebutuhan dimana sekaligus hal itu menjadi sinyal bahwa tubuh
  • Makanan-makanan yang Memiliki Manfaat & Khasiat Menakjubkan Untuk Kesehatan Kulit

    Makanan-makanan yang Memiliki Manfaat & Khasiat Menakjubkan Untuk Kesehatan Kulit

    9 Jun, 2017 - 0 KomentarRahasia untuk kulit tampak sehat, berkilau, dan halus serta tidak kering sebenarnya bukan terletak
  • Resep Mudah Cara Membuat Kue Black Forest

    Resep Mudah Cara Membuat Kue Black Forest

    26 Okt, 2016 - 0 KomentarKue Black Forest enak bukan? Anda menyukainya? Rasanya jarang ditemukan orang yang tidak
  • Resep Makanan Gorengan Agar Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

    Resep Makanan Gorengan Agar Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

    11 Mei, 2017 - 0 KomentarGorengan merupakan cemilan ringan yang digemari oleh banyak orang. Rasanya yang renyah, gurih,
  • Manfaat & Khasiat Menakjubkan Ginseng Untuk Kesehatan

    Manfaat & Khasiat Menakjubkan Ginseng Untuk Kesehatan

    31 Mar, 2017 - 2 KomentarManfaat dan khasiat ginseng untuk kesehatan sangat melegenda secara umum bahkan bukan hanya di

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.