6 Cara Efektif untuk Mengatasi dan Mengobati Kram Perut

Oleh Riyana Dwi Lestari

Periode atau siklus menstruasi pada setiap wanita tentunya berbeda-beda ya ladies. Namun, hal yang paling banyak ditemui yang mereka alami salah satunya ada kram pada perut. Mungkin diantara kalian ada yang mengalami gejala lainnya seperti pegal di bagian punggung, pinggang, dan lain sebagainya. Gejala-gejala tersebut, khususnya kram biasanya terjadi pada hari pertama sampai dengan hari kedua pada saat menstruasi.

Kram Perut

Kram Perut

Terjadinya kram dikarenakan kenaikan bahan kimia seperti hormon yang disebut prostaglandin. Zat ini yang menyebabkan adanya nyeri kontraksi karena membantu mengerutkan dan mengeluarkan lapisan pada rahim, sehingga terjadilah pendarahan menstruasi ini. Tingkatan rasa sakit kram yang diderita setiap wanita pun berbeda-beda. Ada yang ringan sehingga tidak mengganggu aktifitas, bahkan adapula yang terasa sakit hingga berdampak buruk bagi aktifitas Anda. Jika ini terjadi, sebaiknya segeralah untuk memeriksakan ke dokter ya ladies.

Berbagai cara dan bahan untuk mengobati kram perut

Apapun sakit yang diderita tentunya sangat tidak nyaman jika berlangsung terlalu lama ya ladies. Untuk megatasi kram perut terutama saat Anda menstruasi, berikut ini medianita bagikan beberapa metode yang dapat Anda lakukan.

Konsumsi Obat Anti-inflamasi

Obat Anti-inflamasi

Obat Anti-inflamasi

Anda dapat mengkonsumsi berbagai macam jenis atau merk obat anti-inflamasi (anti radang). Obat jenis ini memiliki khasiat sebagai analgesik (pereda nyeri), antipiretik (penurun panas), dan Anti-Inflamasi (anti radang), sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada kram perut saat menstruasi.

Melakukan Olahraga

Melakukan Olahraga

Melakukan Olahraga

Sudah bukan rahasia lagi, olahraga tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan berolahraga maka sirkulasi aliran darah kita menjadi lancar, sehingga dapat meringkan nyeri dan kram pada perut. Selain itu juga dapat mengurangi tingkat stres yang kita alami.

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama apabila kita sedang sakit, khususnya kram pada perut. Jika Anda kekurangan cairan, sel-sel di dalam tubuh dapat mengalami dehidrasi sehingga kram akan terasa semakin sakit. Akan lebih baik lagi apabila Anda mengkonsumsi air yang hangat atau minumahan jahe agar dapat mengendurkan otot-otot pada rahim selama menstruasi.

Kurangi Konsumsi Susu, Kafein, Makanan Olahan dan Berlemak

Susu, Kafein, Makanan Olahan dan Berlemak

Susu, Kafein, Makanan Olahan dan Berlemak

Saat menstruasi atau bahkan sedang mengalami kram pada perut, Anda dianjurkan untuk mengurangi berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat semakin memperparah rasa sakit yang sedang Anda alami. Hindarilah jenis makanan-makanan olahan cepat saji, yang banyak mengandung lemak serta sodium, dan kurangi konsumsi susu, minuman berkafein dan pemanis buatan. Akan lebih baik untuk banyak mengkonsumsi bahan makanan atau minuman yang kaya akan serat dan protein biji-bijian.

Perbanyak Konsumsi Bahan-bahan yang Mengandung Kalsium

Bahan-bahan yang Mengandung Kalsium

Bahan-bahan yang Mengandung Kalsium

Tentunya kita semua mengetahui bahwa kalsium sangat baik untuk perkembangan otot kita. Saat kram menyerang, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi bahan-bahan yang mengandung kalsium, karena hal ini dapat berkhasiat pada otot-otot perut yang mengalami kram atau tegang. Namun ingat ladies, Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan, karena justru dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan. Anda dapat konsultasikan pada dokter suplemen kalsium apa saja yang baik untuk dikonsumsi, atau mungkin Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi yogurt, bayam, kacang kedelai, kacang almond, dan sebagainya.

Gunakan Bantal Pemanas

Gunakan Bantal Pemanas

Gunakan Bantal Pemanas

Saat perut kram memang akan sangat nyaman ketika terkena sesuatu yang hangat. Anda dapat mengaplikasikan bantal pemanas atau botol yang telah diisi air hangat, tempelkan pada perut selama beberapa waktu sampai kram berkurang dan hilang. Hal ini dapat meregangkan otot-otot yang tegang pada bagian perut Anda.

Bagaimana ladies? Kurang lebih sudah bisa memahami tentunya tentang apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati dan mengatasi ketika kram perut menyerang saat menstruasi. Semoag artikel kali ini bermanfaat bagi Anfa semua. Terima kasih telah berkunjung di medianita.

Label: AmanAmpuhBahanCaraKramMengatasiMengobatiMenstruasiMenyembuhkanObatPerutSakit nama macam2 warna lipstikcara megatasi kram perut

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Cara Ampuh Mengobati Batuk dengan 5 Bahan Alami

    Cara Ampuh Mengobati Batuk dengan 5 Bahan Alami

    13 Mei, 2019 - 0 KomentarBatuk, saya rasa semua orang pernah mengalaminya. Baik itu batuk ringan atau bahkan termasuk batuk
  • 6 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

    6 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

    12 Jan, 2019 - 0 KomentarMenstruasi atau haid atau datang bulan adalah
  • 10 Tips Mudah Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah Selama Puasa

    10 Tips Mudah Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah Selama Puasa

    7 Feb, 2019 - 2 KomentarSelama menjalani ibadah puasa tubuh cenderung kekurangan cairan yang masuk. Hal ini karena waktu
  • 5 Masalah Kecantikan Lengkap Dengan Tips Mengatasinya

    5 Masalah Kecantikan Lengkap Dengan Tips Mengatasinya

    7 Feb, 2019 - 0 KomentarBerbagai macam masalah mengenai kecantikan pasti dapat menyerang pada kita tanpa terkecuali. Dari
  • Tips Pola Makan Paling Ampuh Untuk Melangsingkan Perut Pria

    Tips Pola Makan Paling Ampuh Untuk Melangsingkan Perut Pria

    30 Apr, 2019 - 2 KomentarBertambahnya umur manusia maka akan banyak pria yang perutnya semakin buncit dan sebelum

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2019Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.