5 Kebiasaan Yang Dapat Mencegah Penyakit Osteoporosis

Oleh | pada 8 Jul, 2017 | 0 Komentar

Osteoporosis atau yang biasa disebut dengan istilah lainnya yaitu “tulang keropos” merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa kita sepelekan atau kita anggap remeh. Tulang yang tersusun di dalam tubuh kita sekilas mungkin terlihat begitu kuat, namun jaringan-jaringan yang menyusun tulang tersebut ternyata dapat secara perlahan dapat musnah, rapuh seiring bertambahnya usia.

Osteoporosis

Osteoporosis

Seiring bertambahnya umur, setiap orang memiliki kemungkinan dapat mengalami proses dimana tulang mulai rapuh, rusak, khususnya pada poros tulang tersebut, sehingga menyebabkan tulang mudah sekali patah. Kondisi demikianlah yang kita kenal dengan istilah osteoporosis. Seperti kita ketahui bahwa pepatah mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”, sama halnya dengan penyakit osteoporosis ini, ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan sebagai upaya untuk mencegah penyakit ini.

1. Perhatikan Posisi Duduk

Posisi Duduk Yang Baik Untuk Mencegah Osteoporosis

Posisi Duduk Yang Baik Untuk Mencegah Osteoporosis

Kebiasaan posisi duduk Anda memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan tulang Anda. Usahakan untuk selalu memperhatikan posisi duduk Anda setiap hari, terlebih lagi jika Anda bekerja dalam waktu yang cukup lama di kursi duduk Anda. Duduklah dengan posisi punggung yang lurus, jangan bungkuk. Selain untuk mencegah timbulnya penyakit osteoporosis, posisi duduk yang baik juga akan membentuk postur tubuh Anda dengan begitu baik. Jika Anda tidak terbiasa duduk dengan posisi lurus, tegap seperti ini, cobalah untuk melatih misalnya dengan melakukan senam seperti pilates atau yoga.

2. Perhatikan Kebutuhan Kalsium Anda

Telah kita ketahui bersama bahwa tulang pada tubuh kita tentunya membutuhkan asupan kalsium untuk kesehatannya. Maka dari itu kita perlu mengetahui sebenarnya berapa banyak kalsium yang harus kita konsumsi setiap harinya? Untuk anak-anak dibutuhkan sekitar 1500 mg sampai dia mengalami masa pubertas, sedangkan pada usia dewasa dengan kisaran umur 15 sampai dengan 50 tahun rata-rata membutuhkan asupan kalsium untuk setiap hari kurang lebih sebanyak 1000 mg, kemudian untuk wanita pasca menopouse membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1500 mg setiap harinya. Selain susu, terdapat berbagai makanan dan sayuran yang merupakan sumber kalsium yang baik. Antara lain adalah bayam, sejenis sawi, bahkan sarden juga baik sebagai sumber kalsium untuk kesehatan tulang Anda.

3. Hindari Konsumsi Minuman Keras

Hindari Konsumsi Minuman Keras

Hindari Konsumsi Minuman Keras

Konsumsi alkohol yang berlebihan termasuk pada minuman keras dapat memicu timbulnya kerusakan pada hati, otak, serta bagian tubuh lainnya termasuk dapat menimbulkan masalah pada kesehatan tulang. Konsumsi minuman secara berlebihan ini dapat mengurangi massa jenis, kualitas, kesehatan tulang Anda. Hal ini dikarenakan kandungan alkohol di dalamnya yang dapat menyebabkan tulang Anda kekurangan asupan kalsium, serta mempercepat proses rapuhnya tulang. Bahaya bukan?

4. Konsumsi Vitamin D Yang Cukup

Selain kalsium, tulang juga membutuhkan asupan vitamin D yang cukup. Kebutuhan vitamin D pada masing-masing usia berbeda. Pada wanita dengan kisaran umur 19 hingga 50 tahun membutuhkan sebanyak 200 IU vitamin D setiap harinya, lalu pada wanita berumur 51 sampai dengan 70 dibutuhkan asupan vitamin setiap hari sebanyak 400 IU, sementara pada wanita diatas 70 tahun membutuhkan 15 IU vitamin D setiap hari. Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui konsumsi susu atau beberapa makanan maupun suplemen.

5. Olahraga Secara Teratur

Pada dasarnya semua kesehatan tubuh kita dapat kita minimalisir jika kita memiliki kebiasaan untuk berolahraga yang dilakukan dengan baik dan waktu yang teratur. Jika Anda tidak memiliki waktu yang khusus untuk melakukan kegiatan olahraga berat, Anda bisa menggantinya dengan olahraga yang ringan seperti jalan atau lari pagi di sekitar komplek perumahan Anda, atau dapat juga dengan bersepeda, dan lain sebagainya. Melalui kegiatan olahraga tersebut maka dapat sekaligus menstimulasi tulang Anda agar selalu bergerak sehingga menjadi kuat, tidak mudah rapuh, dan sehat tentunya.

Sekarang kita telah sama-sama mengetahui lebih detail mengenai penyakit osteoporosis. Jaga kesehatan penting lho ladies. Jangan sepelekan kesehatan dan pola makan serta kebiasaan hidup kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita.

Label: KalsiumKesehatanMinuman KerasOsteoporosisPencegahanPenyakitPenyebabPosisi DudukPostur TubuhVitamin D salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit osteoporosis adalahkebiasaan hidup dapat mencegah penyakit osteoporosis adalahcara duduk osteoporosiskebiasaan hidup yang dapat mencegah penyakit osteoporosis adalahkebiasaan hidup yang dapat mencegah penyakit osteoporosiskebiasaan hidup dapat mencegah penyakit osteoporosiskebiasaan hidup yang dapat mencegah osteoporosis adalahkebiasaan hidup yang dapat mencegah osteoporosisbeberapa kebiasaan hidup sebagai berikut kebiasaan hidup yang dapat mencegah penyakit osteoporosis terdapat pada nomorkebiasaan hidup yang dapat mencegah osteoporosis ditunjukkan oleh angkakebiasaan hidup yg dapat mencegah osteoporosis adalahkebiasan hidup yang daoat mencegah osteoporosis adalagkebiasan hidup yg dapat mencegah osteoporosiskebiasaan hidup yg dapat mencegah osteoporosis ditunjukkan olehsebutkan kebiasaan yg dapat mencegah penyakit osteoporosis

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Wow Ternyata Selai Kacang Baik Untuk Kesehatan

    Wow Ternyata Selai Kacang Baik Untuk Kesehatan

    5 Agu, 2017 - 0 KomentarJika kita bahas mengenai selai, tentunya kita mengetahui berbagai macam selai yang biasa digunakan
  • 5 Jenis Penyakit Kanker Berbahaya Pada Wanita Yang WAJIB Anda Ketahui

    5 Jenis Penyakit Kanker Berbahaya Pada Wanita Yang WAJIB Anda Ketahui

    11 Okt, 2017 - 0 KomentarDiagnosis penyakit kanker dapat berkaitan dengan riwayat kesehatan keluarga Anda, gaya hidup yang
  • Penyebab Penyakit Liver & Cara Pengobatannya

    Penyebab Penyakit Liver & Cara Pengobatannya

    11 Okt, 2017 - 0 KomentarPenyakit liver atau hati merupakan adaptasi dari penyakit hepatitis serta gejala
  • Cara Mengatasi Gigi Berlubang

    Cara Mengatasi Gigi Berlubang

    20 Jul, 2017 - 0 KomentarAnda perlu menjaga kesehatan gigi, yaitu dengan mencegahnya agar tidak berlubang. Gigi yang
  • Wah Ternyata Pedasnya Rasa Cabai Bisa Untuk Menurunkan Berat Badan Manusia

    Wah Ternyata Pedasnya Rasa Cabai Bisa Untuk Menurunkan Berat Badan Manusia

    11 Okt, 2017 - 0 KomentarPenyuka makanan yang pedas pastinya sudah akrab dengan makanan cabai. Rasanya makan tidak terasa

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.