10 Tips Mudah Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah Selama Puasa

Oleh | pada 17 Jun, 2017 | 2 Komentar

Selama menjalani ibadah puasa tubuh cenderung kekurangan cairan yang masuk. Hal ini karena waktu makan kita yang berkurang, sehingga secara otomatis asupan minum atau kadar cairan yang masuk ke dalam tubuh juga berkurang. Baik berkurang dalam jumlah yang banyak maupun dalam jumlah yang sedikit. Seperti kita ketahui bersama bahwa cairan merupakan unsur penting yang harus banyak terkandung serta diperlukan di dalam tubuh kita. Jika tubuh kekurangan asupan cairan yang masuk, maka akan menimbukan beberapa penyakit ringan yang sering kali menyerang tubuh kita.

Bibir Kering Dan Pecah

Bibir Kering Dan Pecah

Ada beberapa penyakit yang dapat timbul akibat berkurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh kita. Penyakit yang paling sering terjadi karena faktor kekurangan cairan tersebut terutama saat kita melaksanakan ibadah puasa yaitu kekeringan, dehidrasi, hingga menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Permukaan kulit bibir yang pecah-pecah tersebut akan terasa mengganggu bagi penampilan kita terutama bagi Anda yang merupakan pekerja yang membutuhkan penampilan menarik untuk menunjang karir Anda. Sebelum bibir pecah-pecah ini melanda Anda terutama selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya lakukan beberapa tips mudah yang kami berikan di bawah ini untuk mengatasinya:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Perbanyak Minum Air Putih Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Sudah sangat jelas kita ketahui bersama dan kita sadari bahwa asupan cairan yang dibutuhkan untuk tubuh tentunya cara yang kita anggap paling efekif adalah perbanyak minum air putih. Air putih atau air mineral memang menjadi sumber cairan yang paling baik untuk tubuh kita. Seperti yang dianjurkan, usahakan Anda mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari. Jika dalam kondisi berpuasa, Anda dapat meminumnya saat sahur, berbuka, serta selang waktu selama Anda setelah berbuka, dan tentunya sebelum tidur. Pintar-pintarlah Anda untuk mengatur pada kurun waktu tertentu Anda meminum air putih. Jika diberi jangka waktu maka setelah berbuka puasa perut Anda tidak akan terasa kembung karena terlalu banyak konsumsi air putih.

2. Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Kebiasaan menjilat bibir ternyata tidak baik bagi kesehatan permukaan kulit pada bibir Anda. Memang jika hal ini dilakukan akan seketika membuat bibir Anda lembab, tidak kering, dan tampak tidak pecah. Akan tetapi, hal itu hanya bersifat sesaat. Selanjutnya justru akan dapat menambah kering bibir Anda. Hal ini dikarenakan air liur yang menempel pada permukaan bibir setelah mengering akan menambah kering kulit bibir Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda kurangi atau lebih baik hindari kebiasaan buruk tersebut.

3. Konsumsi Buah dan Sayur Segar

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur Segar Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur Segar Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Selain banyak minum air putih, cara yang baik untuk mengurangi bibir kering dan pecah yaitu dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur segar. Saat sahur dan berbuka puasa rajinlah untuk mengkonsumsi oahan sayur, serta dilengkapi dengan buah yang banyak mengandung vitamin C, E, A, zat antioksidan, serta asam lemak esensial. Buah yang mengandung nutrisi tersebut dapat melembabkan kulit serta berkhasiat untuk menyembuhkan bibir kering.

4. Oleskan Petroleum Jelly

Petroleum Jelly Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Petroleum Jelly Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Mengatasi bibir kering dan pecah juga perlu perawatan khusus yang harus dilakukan. Oleskan petroleum jelly secara rutin antara 2 sampai 3 kali dalam setiap minggunya. Untuk waktu perawatan ini lebih baik Anda lakukan sebelum Anda tertidur pada malam hari. Jadi biarkan semalaman, baru Anda bersihkan saat bangun tidur di pagi hari.

5. Hindari Makanan Pedas dan Asin

Makanan pedas dan asin ternyata tidak baik untuk Anda yang memiliki bibir kering. Saat berbuka dan sahur usahakan untuk menghindari makanan dengan rasa tersebut. Karena makanan yang terlalu pedas dan asin dapat menyebabkan mulut dan bibir kering. Selain itu, makanan ini juga dapat membuat Anda cepat merasa haus.

6. Gunakan Madu

Gunakan Madu Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Gunakan Madu Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Madu merupakan bahan alami yang paling terkenal dijadikan sebagai obat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dengan cara dikonsumsi, Anda juga dapat memanfaatkannya dengan cara mengoleskan madu tersebut pada seluruh permukaan kulit bibir Anda. Untuk waktu perawatan ini, sama seperti dengan perawatan jika Anda menggunakan petroleum jelly, seperti yang telah saya sebutkan pada tips nomor 4 di atas.

7. Gunakan Lip Balm

Gunakan Lip Balm Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Gunakan Lip Balm Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Perawatan lain yang menjadi cara untuk mencegah atau mengobati bibir kering dan pecah yaitu dengan rajin menggunakan lip balm. Sebelum Anda menggunakannya, cermati terlebih dahulu kandungan yang ada di dalam lip balm tersebut. Piihlah lip balm yang kaya akan kandungan pelembab (moisturizer), minyak alami, serta usahakan yang memiliki label SPF (sun protecting factor). Dimana kandungan seluruh kandungan tersebut dapat menjaga bibir Anda dari kering, pecah, serta yang paling utama yaitu melindungi bibir dari paparan sinar matahari langsung.

8. Hindari Kebiasaan Mengelupas Kulit Bibir

Jika Anda memiliki kebiasaan buruk tangan Anda sering menguiliti atau mengelupas kulit bibir yang pecah, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Jika bibir dalam kondisi pecah dan kering Anda kelupasi kuitnya secara paksa, hal ini akan semakin memperparah kondisi bibir Anda. Yang paling sering terjadi yaitu bibir akan terasa perih karena kulit yang terkelupas secara terpaksa, sehingga menyebabkan iritasi, atau bahkan sampai mengeluarkan darah. Maka dari itu, hentikan kebiasaan tersebut, lebih baik Anda lakukan perawatan-perawatan yang berguna untuk mengobati bibir kering Anda.

9. Membersihkan Sel Kulit Mati Pada Bibir

Bibir kering dan pecah yang mengelupas merupakan sel kulit yang telah mati. Sebelum sel kulit mati tersebut membuat bibir Anda terasa perih dan tidak nyaman karena kering, akan lebih baik jika Anda yang membersihkannya terlebih dahulu. Perawatan ini Anda lakukan minimal satu kali dalam satu minggu. Caranya yaitu terlebih dahulu basahi bibir Anda dengan air hangat, kemudian gosok bibir menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu dengan tekstur lembut, misalnya sikat gigi untuk bayi atau balita. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar bibir tidak terlukai.

10. Hindari Minuman Berkafein

Untuk Anda yang tidak ingin bibir Anda kering dan pecah, hindarilah minuman yang mengandung kafein tinggi. Hal ini dikarenakan kafein dapat mengurangi kelembaban kulit Anda. Jika Anda ingin sesekali minum air hangat yang memiliki rasa, sebaiknya ganti konsumsi kopi yang berkafein dengan meminum teh herbal misalnya teh hijau atau chamomile. Minuman teh tersebut justru lebih berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh.

Bagaimana cantik? Adakah diantara cara di atas yang pernah Anda coba untuk mengatasi bibir kering dan pecah khususnya selama berpuasa? Jangan sampai gangguan terhadap kesehatan yang ringan seperti bibir kering dan pecah ini menggganggu pula pada ibadah puasa yang Anda jalani ya cantik. Tips ini juga dapat Anda lakukan selama diluar puasa (selama Anda tidak menjalankan puasa). Terima kasih telah berkunjung di Media Wanita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Label: BibirKeringMaduMengatasiPecah-pecahPetroleum JellyPuasa bibir kering pecah pecah mengelupascincu pecah bibirbibir keringagar bibir tidak pecah pecahmengatasi bibir kering pecah saat puasabibir pecah pecah mengeluarkan darahyang harus konsumsi bibir kering pecahmengatasi bibir kering saaat tidyrbibir pedas keringcara mengatasi bibir pecah pecah saat puasacara mengatasi bibir pecah berdarah perihcara mengatasi bibir kering dengan sikat gigibibir kering karena makanan pedasombre untuk bibir pecah pecah keringpenyebab perih kering saat hamil

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Wanita sederhana yang peduli terhadap kesehatan, penampilan, dan suka berbagi info seputar wanita di internet. :)

Baca Juga

  • Tips & Trik Mudah Agar Bibir Cerah Merona Alami

    Tips & Trik Mudah Agar Bibir Cerah Merona Alami

    7 Agu, 2017 - 2 KomentarPastinya kita para wanita menginginkan bibir dapat tampil merona secara alami. Benar kan ladies?
  • 8 Tips Agar Bibir Anda Merona Alami

    8 Tips Agar Bibir Anda Merona Alami

    3 Feb, 2017 - 1 KomentarBibir adalah salah satu bagian yang dapat mengekspresikan kecantikan wajah Anda. Bagaimanapun
  • Perawatan Kulit Kering Wajah Secara Alami

    Perawatan Kulit Kering Wajah Secara Alami

    11 Mei, 2017 - 1 KomentarPerawatan kulit perlu diperhatikan, terutama bagi para wanita yang penampilannya sering menjadi
  • 8 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

    8 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Saat Puasa

    17 Jun, 2017 - 0 KomentarBagi para wanita yang sedang dalam masa kehamilan dan sangat memperhatikan keadaan janin mereka,
  • 5 Masalah Kecantikan Lengkap Dengan Tips Mengatasinya

    5 Masalah Kecantikan Lengkap Dengan Tips Mengatasinya

    13 Agu, 2017 - 0 KomentarBerbagai macam masalah mengenai kecantikan pasti dapat menyerang pada kita tanpa terkecuali. Dari

2 Komentar ke "10 Tips Mudah Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah Selama Puasa"

  1. Farah berkata:

    Bismillah,

    dulu saya memang peminat basahkan bibir dengan air liur.
    alhamdulillah, kini tidak lagi.

  2. Terima kasih, infonya sangat bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Media Wanita. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.